Sukses

Entertainment

Editor Says: Film Favorit ala Sheila on 7

Fimela.com, Jakarta Makna mempertahankan lebih sulit dari meraih jelas tidak terbantahkan. Jika berbicara soal keutuhan sebuah band, tidak sedikit nama yang berguguran namun tidak sedikit pula yang masih kompak bersama bermusik hingga saat ini. Sheila on 7 pun menjadi salah satu jawaban di antara sederet band yang memegang teguh bersatu dalam musik.

Terhitung lebih dari 2 dekade sudah Duta dkk mempersembahkan karya-karya yang sukses melegenda. Musik padat makna yang disajikan dalam harmonisasi nada yang apik selalu menjadi ciri band pelantun Sahabat Sejati ini. Tidak heran, kalau lagu-lagu mereka easy listening dan mampu memanjakan telinga pendengar dulu dan kini.

Eksistensi sebuah band tentu tidak lepas dari produktivitas berkarya. Demikian pula dengan Sheila on 7 yang konsisten merilis single ataupun album. Namun belakangan, Sheila Gank, demikian penggemar setia Sheila on 7, sudah rindu berat akan album terbaru sang idola. Wajar saja, album terakhir yang mereka rilis ada Musim yang Baik tahun 2014 lalu.

Penantian panjang Sheila Gank tentunya akan segera terjawab. Kendati demikian, sebelumnya Sheila on 7 telah mempersiapkan suguhan istimewa lain. Adalah single terbaru bertajuk Film Favorit yang bakal segera diluncurkan.

Tajuk yang menarik bukan? Bagi penikmat musik atau yang kerap hadir ketika Sheila on 7 manggung, pasti sudah tidak asing dengan lagu ini. Meski belum dirilis secara resmi, mereka telah memperkenalkan Film Favorit saat tampil dalam sebuah acara beberapa waktu lalu.

Lantas, mengapa Film Favorit diambil sebagai tajuk single baru Sheila on 7? Apa makna di balik single tersebut? Simak penjelasan selengkapnya lewat penuturan sang penulis lagu sekaligus gitaris Sheila on 7, Eross, seperti berikut ini.

Uniknya Film Favorit

Sheila on 7 telah membagikan video di balik layar penggarapan single Film Favorit beberapa waktu lalu melalui akun YouTube Sheila on Tv. Di sana, para personel dan tim produksi menjelaskan aspek-aspek apa saja yang menyelimuti single terbaru juga cerita lain saat penggarapan. Salah satunya soal makna di balik Film Favorit.

"Kita punya teman namanya Fai, saya terinspirasi menulis lagu. Saya berkhayal dia punya pemikiran seperti itu. Seperti itulah seseorang memperjuangkan apa yang ia yakini jadi ceritanya dalam kenyataannya si Fai ini adalah dia yang tidak lagi muda, tapi dia tidak punya pacar, dia jomblo. Harusnya seperti itulah dia bervisi di lagu Film Favorit ini," jelas Eross dalam video di akun YouTube Sheila on 7 Tv.

"Maksud dari lagu ini adalah kalau kamu sudah yakin sama sesuatu ya segala cara harus dicoba dengan sekuat tenaga," demikian Eross menambahkan.

Sementara, Sheila on 7 sendiri memang telah memiliki rencana untuk merilis sederet single dan juga video klip. Besar harap mereka juka Sheila Gank dan pendengar musik Sheila on 7 dapat terhibur mendengar suguhan anyar tersebut.

"Memang itu lah rencananya anak-anak Sheila on 7 bikin single-single dulu mudah-mudahan itu bisa menjadi hiburan tersendiri buat Sheila Gank dan semua yang dengerin musiknya Sheila on 7 karena dengan single-single kita harapin setiap satu single ada video klipnya," kata Duta.

Nuansa Baru di Film Favorit

Eksplorasi bermusik Sheila on 7 terapkan di single terbaru mereka, Film Favorit seperti adanya kehadiran music director. Momen ini menjadi kali pertama bagi band asal Yogyakarta ini melibatkan music director dalam penggarapan karya.

"Ini pertama kalinya kita mencoba ada kehadiran seorang music director. Kalau biasanya kita mengaransmen musik sampai direkam, kita diskusi misalnya untuk part drum, bass, gitar. Pengalaman baru, Alhamdulillah tidak ada kendala. Intinya ini pengalaman baru buat Sheila on 7 mudah-mudahan hasilnya memuaskan Sheila Gank bisa menikmati lagu ini," ungkap Adam Subarkah.

Tidak hanya itu, kejutan lain juga akan terdengar dari segi aransemen. Sheila on 7 pun mencoba menyuguhkan lebih banyak elemen musik, seperti sentuhan multi instrumen namun tidak keluar dari ciri khas bermusik Sheila on 7.

"Secara aransemen untuk kali ini Sheila on 7 mencoba memberikan elemen yang lebih banyak. Kalau dari album yang sebelumnya Musim yang Baik, mereka konsepnya basic track, kalau Film Favorit, dia lebih epic, banyak instrumen seperti perkusi, synthesizer, ada orkestra juga jadi lebih kompleks. Tapi tetap dengan ciri khas Sheila on 7 yang easy listening," pungkas Tomo Widayat, selaku Music Director.

Apa pun suguhan dari Sheila on 7, saya pribadi sebagai pendengar musik mereka dengan setia akan menanti kejutan demi kejutan. Lalu, siapa yang sependapat dengan saya?

 

Putu Elmira

 

Editor Musik Bintang.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading