Sukses

Entertainment

Lana Del Rey Dituding Jiplak Creep Milik Radiohead, Mirip?

Tanggapan Lana Del Rey

Fimela.com, Jakarta Dugaan plagiarisme kembali ramai jadi topik perbincangan di kalangan penikmat musik. Kali ini kasus tersebut menyangkut penyanyi Lana Del Rey dan band legendaris, Radiohead.

Seperti yang diketahui, Lana Del Rey baru saja memperkenalkan track bernuansa dark, berjudul Get Free. Lagu ini merupakan bagian dari album LUST FOR LIFE yang memang penuh daya magis dari Del Rey.

Lana Del Rey jiplak Radiohead (variety)

Sayangnya lagu ini ramai dibahas bukan karena kesaktian dari sisi musiknya, melainkan dugaan plagiarisme. Lana dianggap meniru salah satu hits ikonik Radiohead, Creep.

Dengan notasi lagu yang hampir sama di sepanjang lagu, tak heran jika banyak yang berpendapat demikian. Apakah Lana Del Rey memang menjiplak Radiohead?

Terkait dugaan penjiplakan tersebut, Lana Del Rey akhirnya angkat bicara. Ia mengungkap bahwa pihak Radiohead sudah melayangkan tuntutan terhadapnya secara hukum.

Management Thom Yorke dkk meminta royalti 100 persen dari lagu Get Free. Lana Del Rey sempat menawarkan 40 persen, tapi pihak penggugat tak sepakat dengan angka tersebut.

Lana Del Rey (JUSTIN TALLIS / AFP)

Apakah berarti Lana Del Rey mengakui plagiat? Ternyata tidak. Menurut solois 32 tahun tersebut, ia tidak meniru Creep untuk dijadikan lagu baru. Hal itu disampaikannya melalui Twitter.

"Memang benar ada tuntutan, meski aku yakin laguku tidak terinspirasi dari Creep," tulis Lana Del Rey 8 Januari kemarin.

Apakah benar-benar mirip?

Kasus miripnya lagu antara satu musisi dengan musisi lain memang kerap terjadi baik disengaja maupun tidak. Namun untuk kasus Lana Del Rey, banyak yang yakin memang lagunya mirip dengan karya Radiohead.

"Melodi vokal, dan chord progresinya mirip. Menurutku mereka tak harus mengajukan tuntutan, tapi hal itu sepertinya datang dari label Radiohead. Thom dan kawan-kawan tak suka dengan lagu Creep," tulis salah satu netter.

Semirip apa Get Free Lana Del Rey dengan Creep Radiohead? Silakan menilai sendiri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading