Sukses

Entertainment

Setelah 35 Tahun, Ini Film Pertama di Bioskop Arab Saudi

Fimela.com, Jakarta Siapa sangka, terjadi revolusi baru dunia perfilman di Arab Saudi. Buat pertama kalinya dalam 35 tahun, pemutaran film di bioskop kembali diadakan Arab Saudi.  Dalam rangka merayakan diangkatnya embargo penayangan dan berdirinya bioskop di Arab Saudi selama 35 tahun, pemerintah setempat kemudian menayangkan sebuah film Hollywood buat pertama kalinya untuk publik. 

Seperti dilansir dari Entertainment Weekly, film yang dipilih ternyata adalah The Emoji Movie, sebuah film yang masuk dalam daftar film terburuk di tahun 2017 lalu. Belum diketahui apa alasan utama film animasi tersebut yang dipilih untuk diputar buat pertama kalinya di bioskop.

Film selanjutnya yang akan diputar adalah Captain Underpants: The First Epic Movie yang juga film animasi. Pemutaran The Emoji Movie dilakukan mulai 13 Januari lalu menyusul pengumuman resmi pemerintah Arab Saudi pada Desember tahun lalu untuk membuka lagi gedung-gedung bioskop.

Dengan adanya perubahan ini, pemerintah Arab Saudi berencana untuk membangun 300 gedung bioskop dengan jumlah 2000 layar sampai dengan tahun 2030 mendatang. Film-film yang diutamakan untuk masuk dalam negeri Timur Tengah tersebut adalah film animasi untuk anak-anak. Sensor ketat pastinya akan diberlakukan untuk film-film tersebut.

Sebelumnya pemerintah Arab Saudi mulai melarang penayangan film untuk publik dan gedung bioskop di awal era 80-an. Hal ini membuat warga setempat kesulitan untuk menikmati sebuah tayangan film bioskop. Mereka harus menempuh perjalanan ke negara tetangga untuk dapat melakukan hal tersebut.

Meskipun film pertama yang ditayangkan adalah The Emoji Movie, film yang hanya mendapatkan rating penilaian sebesar 9 persen di Rotten Tomatoes, masyarakat Arab Saudi tetap menikmari film ini dan sangat antusias untuk menantikan film-film selanjutnya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading