Sukses

Entertainment

7 Hal yang Patut Dikenang dari Sosok Sys NS

Fimela.com, Jakarta Dunia seni Indonesia kehilangan sosok serba bisa. Sys NS, seniman sekaligus politikus menghembuskan nafas terakhirnya pada Selasa (23/1/2018) lantaran serangan jantung. Alhasil, banyak pihak yang merasa kehilangan pria bernama lengkap Heroe Syswanto NS itu.

Setidaknya, hal tersebut tampak dari banyaknya tokoh yang hadir untuk memberikan penghormatan terakhir bagi Sys NS. Tak hanya di rumah duka di kawasan Kemang Timur, Jakarta Selatan, TPU Jeruk Purut pun menjadi saksi jika Indonesia kehilangan sosok manusia yang baik dan mudah bergaul dengan berbagai kalangan.

 

Mulai dari rekan sesama seniman, musisi, selebritis, hingga politikus tampak memajang raut muka sedih saat melihat jenazah Sys NS sudah tak lagi bernafas. Hal yang tentunya bisa disimpulkan jika semasa hidupnya, Sys NS memang orang yang pandai bergaul.

Guna mengenang kepergian dari pria kelahiran 18 Juli 1956 itu, Bintang.com mencoba merangkum komentar beberapa tokoh yang menganggap Sys NS merupakan sosok yang istimewa di hidupnya.

 

Sys NS merupakan sahabat yang baik

Aktor senior Anwar Fuadi menjadi salah satu orang yang kehilangan Sys NS. Baginya, Sys tak hanya sebagai teman seperjuangan dalam merintis karier, melainkan sahabat yang sangat ia kenal baik.

"Kalau saya sudah 30 tahun kenal dia. (Sosok Sys) orangnya optimis. Teman yang baik, orangnya hangat, happy, dan nggak jaim. Banyak banget kenangan sama dia," ungkap Anwar Fuadi saat melayat ke rumah duka.

 

Sys NS menjadi politikus yang konsisten

Selain seorang seniman, Sys NS juga dikenal sebagai orang yang aktif di dunia politik tanah air. Dan, konsistensinya untuk membangun bangsa merupakan hal yang paling dikenang oleh Nurul Arifin, aktris yang belakangan juga berkecimpung di dunia politik praktis.

"Mas sys orangnya konsisten dan komit dengan profesi dan apa yang dia yakini. Dia konsisten dukung Jokowi. Dia nasionalis sejati. Seorang seniman dan politikus yang bisa diterima berbagai pihak," ucap Nurul Arifin.

 

Eko Patrio: Sys NS sosok yang nggak pelit ilmu

Harumnya nama Sys NS semasa hidup juga dirasakan oleh Eko Patrio. Eko, yang baru terjun ke industri hiburan setelah nama Sys NS berada di puncak mengaku banyak mendapat pelajaran dari sosok Sys NS.

"Buat saya dia guru, bukan senior. Mas Sys bener-bener orang yang ngajarin saya dari sebelum kawin, masih di dunia radio, dia udah info ke saya, kalau mau jadi orang radio atau televisi kita harus kreatif," ujar Eko Patrio.

 

Cut Keke sebut Sys NS sosok yang humoris

Sys NS menjadi salah satu orang yang pertama dikenal Cut Keke saat memulai kariernya. Bahkan, Sys NS merupakan salah satu orang yang memiliki jasa besar dalam perkembangan karier keartisannya sampai saat ini. Dan, satu hal yang paling dikenal istri Malik Bawazier tentang sosok Sys NS adalah sisi humornya yang kuat.

"Kenal (Sys NS) dari aku lulus SMA, aku baru umur 18 tahun. Aku banyak banget Job diajak sama dia. Dia orangnya lucu. Dulu aku syuting dia seneng bikin banyolan, dia kan kalau ngomong suka ceplas ceplos, itu lah mas Sys," papar Cut Keke.

 

Ian Antono kagum dengan sosok Sys NS yang selalu bersemangat

Tak banyak kata yang keluar dari mulut gitaris legendaris Ian Antono saat ditanya mengenai sosok Sys NS. Satu kalimat yang keluar dari mulutnya untuk mengenang sosok almarhum Sys NS adalah orang yang pekerja keras. Bahkan, di akhir hayatnya, Sys yang tengah kurang sehat masih semangat untuk menemuinya guna membahas sebuah projek terkait Indonesia.

"Orangnya keras, semangat terus. Sosok dia tuh hebat banget. Dia orangnya nggak pernah ngeluh," ungkap Ian Antono.

 

Sys NS sering disebut motivator ulung

Sikap Sys NS yang cenderung ceplas ceplos dikenang Elma Theana sebagai sebuah keistimewaan. Dibalik perkataannya yang ringan, Elma menyebut Sys NS merupakan sosok yang mampu memotivasi banyak orang lewat kata-katanya yang cuek.

"Mas Sys orangnya baik banget, selalu menyemangati, selalu memberikan motivasi. Nyuruh berhenti merokok tapi ngasih tahunya yang bikin kita nggak marah gitu. Mas Sys kalau lagi becanda sama serius itu nggak kelihatan," terang Elma Theana.

 

Sys NS, sosok yang sayang dengan keluarga

Shanty, istri Sys NS bisa jadi orang yang paling terpukul saat sang suami meninggal dunia. Sekian puluh tahun hidup bersama, Shanty sangat merasa kehilangan suami yang selalu melibatkan dirinya di berbagai kesempatan.

"Saya selalu berdua (dengan Sys NS). Kemana-mana berdua, jadi kehilangan banget. Apalagi nanti malam, pasti berasa banget nih kehilangannya. Dia udah nggak ada lagi," kata Shanty.

Sys NS meninggal dunia diduga lantaran tekena serangan jantung. Sys tak sadarkan diri di rumahnya saat akan memulai aktifitas pada Selasa (23/1/2018) pagi. Setelah disemayamkan di rumah duka, Sys NS dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Selasa sore.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading