Sukses

Entertainment

Film 90-an Liam Neeson, dari Schindler’s List ke The Commuter

Fimela.com, Jakarta Ada beberapa aktor yang sudah memulai karir dari era 70-an dan 80-an, tapi baru terangkat namanya di era 90-an. Liam Neeson termasuk di dalamnya. Pria kelahiran Irlandia Utara, 7 Juni 1952 ini sudah mulai berkiprah di bidang akting menjelang akhir tahun 70-an.

Yang menarik, Liam Neeson awalnya lebih punya minat di bidang olahraga. Pria jangkung ini bahkan sempat menjadi petinju dan pesepakbola amatir. Saat masih sekolah, Liam Neeson juga tertarik masuk klub teater karena dianggapnya keren dan bisa menarik perhatian wanita.

Liam Neeson. sumber foto: http: shemazing.net

Bermula dari sekedar mencoba, pemilik nama lengkap Liam John Neeson ini ternyata makin tertarik hingga akhirnya berkarir di bidang akting. Setelah beberapa tahun berkiprah di teater, Liam mulai mendapat tawaran bermain di televisi dan film layar lebar. Di tahun 1982 sampai 1987, Liam Neeson bermain di lima film.

Yang cukup membuatnya dikenal adalah The Mission yang juga dibintangi Robert de Niro, lalu Next of Kin bersama Patrick Swayze dan Suspect bersama Cher dan Dennis Quaid. Namun nama Liam Neeson baru mendunia di era 90-an. Semua itu berkat film drama 'holocaust' Perang Dunia Kedua, Schindler’s List (1993) yang disutradarai Steven Spielberg.

Schindler's List, film pemenang Oscar penuh kontroversi

Film tersebut mendapat banyak pujian, menjadi box office serta meraih banyak piala dan nominasi termasuk di ajang Oscar. Lewat Schindler’s List, Liam Neeson buat pertama kalinya masuk nominasi Oscar untuk kategori Best Actor.

Sejak itu tawaran bermain makin banyak berdatangan bahkan sampai saat ini. Film lain yang dbintangi Liam Neeson di era 90-an diantaranya adalah Michael Collins, Neil, Rob Roy, Les Miserables dan Star Wars: Episode I-The Phantom Menace. 

Liam Neeson Makin Matang

Film-film Liam Neeson lainnya yang cukup sukses antara lain, Kinsey, Star Wars Episode II: Attack of the Clones, Batman Begins, Taken 1-3, The Grey, Silence, A Monster Calls, The Chronicles of Narnia 1-3, The A-Team, The Lego Movie, Operation Chromite, Ted 2 dan yang terbaru The Commuter.

Liam Neeson menghadiri premiere film terbarunya, The Commuter, di New York, 8 Januari 2018. (Jamie McCarthy / GETTY IMAGES / AFP))

Di The Commuter, Liam Neeson membuktikan masih mampu menjalani rangkaian adegan action meski dengan prima meski usianya sudah diatas 60 tahun. Aktor yang pernah terpilih sebagai ‘100 Sexiest Stars in Film History’ dan ‘Top 100 Movie Stars of All Time’ ini baru saja menyelesaikan syuting film Widows dan Hard Powder.

Mulai dikenal luas di era 90-an setelah bertahun-tahun membangun karir, Liam Neeson membuktikan dirinya makin matang dan tetap mampu bertahan sampai sekarang. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading