Sukses

Entertainment

Metamorfosa Zac Efron, Mantan Idola Remaja yang Kecanduan Narkoba

Fimela.com, Jakarta Bagi penikmat film atau serial drama musikal pasti sudah tak asing lagi dengan sosok Zac Efron. Pemilik nama lengkap Zachary David Alexander Efron ini mulai dikenal publik sejak keterlibatannya di film High School Musical pada 2006 silam.

Kala itu, Efron berperan sebagai Troy Bolton, seorang mahasiswa populer dan kapten tim basket. Selain berakting, Efron juga bernyanyi dalam film produksi Disney tersebut. Sayangnya, suaranya dinilai kurang baik oleh para kritikus musik.

Meski demikian, Efron berhasil memenangkan sejumlah ajang penghargaan berkat kepiawannya berakting dan bernyanyi di film High School Musical. Tak cuma itu, ia juga dipercaya untuk memerankan Troy Bolton dalam dua sekuel berikutnya yang tak kalah sukses. 

Sekedar menilik kisah, Zac Efron terlahir bukan dari keluarga seniman. Ayahnya adalah insinyur listrik, sementara ibunya adalah sekertaris. Efron mulai menemui bakat akting dalam dirinya ketika duduk di bangku sekolah.

Pria kelahiran San Luis Obispo, California, 18 Oktober 1987 ini mengikuti kelas teater, hingga terlibat dengan The Great American Melodrama and Vaudeville. Selain mendalami akting, Efron juga mengambil kelas bernyanyi. 

Ketekunan akhirnya membawa Efron ke gerbang kesuksesan. Ia berhasil direkomendasikan oleh guru dramanya ke seorang agen talent di Los Angeles. Tak perlu waktu lama, Efron pun menandatangi kontrak dengan Creative Artists Agency dan berhasil main di sejumlah film dan serial televisi.

Selain High School Musical, beberapa film lainnya yang juga sukses mengangkat popularitas Efron sebagai aktor seperti Hairspray, 17 Again, Charlie St. Cloud, The Lucky One, The Paperboy, That Awkward Moment, Neighbors, Baywatch dan yang teranyar The Greatest Showman.

Sementara untuk serial televisi, pria yang masuk dalam daftar Aktor Tertampan di Dunia ini pernah membintangi beberapa serial populer seperti Summerland, The Guardian dan Entourage. Kemampuan akting Efron memang telah diganjar sejumlah ajang penghargaan. 

 

Di balik kesuksesannya sebagai seorang aktor, mantan kekasih Vanessa Hudgens ini ternyata pernah menjadi pecandu alkohol dan narkoba. Dalam sebuah wawancara, Efron mengaku harus berjuang keras untuk lepas dari ketergantungannya tersebut. Ia pun rela melakukan rehabilitasi untuk 'membersihkan' dirinya.

"Hari ini, aku merasa baik. Tidak (minum alkohol lagi). Aku sudah benar-benar tidak kecanduan. Mungkin ada beberapa orang yang tidak lagi menjadi temanku," ujarnya pada USA Today, sekitar Mei 2014 lalu.

Ditambahkan Efron, tak cuma dirinya, tapi juga keluarganya mendapatkan dampak dari ketergantungannya pada alkohol dan obat-obatan terlarang. Untuk itu, ia pun meminta maaf atas kesalahan yang dilakukannya.

"Orangtuaku dipecat. Semua teman sekamarku tercengang. Orang-orang yang bekerja denganku, orang-orang yang aku sayangi jauh lebih bahagia. Dan saya merasa jauh lebih baik," imbuhnya.

Pasca terbebas dari jerat narkoba dan alkohol, karier Zac Efron memang tak begitu saja meredup. Ia justru semakin menunjukkan eksistensinya sebagai idola film drama musikal yang banyak diganderungi. Sayangnya, ekonomi yang mapan dan usia yang matang belum membuat Efron tergerak untuk menikah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading