Sukses

Entertainment

Editor Says: Rich Brian yang Terkenal dan Fenomenal

Fimela.com, Jakarta Beat yang khas dan lirik "12 in the morning, pop shells for a living and berry gon' smell blood trail every minute," menghiasi bagian awal lagu Dat $tick dari rapper muda Indonesia, Rich Brian. Lagu ini pula yang membawanya pada berbagai kesempatan dan momen tak terlupakan.

Pemilik nama lengkap Brian Imanuel ini merilis Dat $tick pada Februari 2016. Popularitasnya tiba-tiba meroket setelah sederet rapper Amerika seperti Ghostface Killah, 21 Savage, Tory Lanez, MadeinTYO, dan Desiigner membuat video reaction untuk Dat $tick.

Seperti yang diketahui, awalnya rapper berusia 18 tahun tersebut mengusung nama Rich Chigga sebagai nama panggung. Namun, ia menggantinya dengan nama lahirnya, Brian, dan mengumumkan hal tersebut melalui media sosial.

"Ya, sekarang aku menjadi "Brian". Aku sudah lama merencanakan hal ini dan aku sangat bahagia akhirnya bisa melakukannya. Aku dulu naif dan membuat kesalahan. Tahun baru, awal baru, selamat tahun baru," demikian tulis Brian di akun Twitter pribadi pada (2/1/2018).

Brian lantas memutuskan untuk melanjutkan karier musiknya di Negeri Paman Sam, Amerika Serikat dengan bergabung bersama 88rising. Sejak itu ia merilis sederet single dan berkolaborasi dengan musisi-musisi ternama dunia.

Bahkan, Rich Brian juga telah merampungkan turnya yang bertajuk Come To My Party Tour di Amerika dan siap tur Eropa mulai bulan Maret 2018 mendatang. Animo yang besar akan konsernya di Benua Eropa terlihat dari tiket yang laris manis dan juga ludes di beberapa negara. Menggagumkan bukan? Sudah siap kembali menyimak pencapaian sang rapper fenomenal?

Amen, Pembuktian Musikalitas Rich Brian

Sebelum memulai tur Eropa, Rich Brian sempat pulang kampung dan manggung Djakarta Warehouse Project 2017 pada 16 Desember 2017 lalu. Seperti bisa diprediksi, penampilannya disambut sangat antusias oleh fans setia.

Memasuki tahun baru, Brian tidak hanya mengumumkan dirinya yang mengganti nama panggung tetapi juga hadir dengan kejutan lain. Adalah dirinya merilis single bertajuk See Me pada 2 Januari 2018. Ia turut terlibat dalam penggarapan dengan menjadi produser dari single tersebut.

Setelah itu, hari-hari berlalu dengan antusiasme Brian menantikan debut projectnya yang bertajuk Amen. Pelantun Crisis ini sempat membagikan teaser untuk debutnya di media sosial, hingga momen yang dinantikan akhirnya datang juga.

Rich Brian mempersembahkan debut albumnya yang bertajuk Amen pada 2 Februari 2018 di bawah naungan 88rising dan Empire. Album ini dihiasi oleh 14 track dengan single yang telah ia rilis sebelumnya yakni Glow Like Dat, Chaos, dan tentunya See Me.

Amen menjadi pembuktian dari musikalitas Brian yang patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, di tengah agendanya yang padat mulai dari manggung dan tur, ia selalu menyempatkan untuk urusan produksi album. Brian juga bertindak sebagai produser sekaligus penulis untuk semua track yang ada di album Amen.

Rich Brian Taklukkan Kendrick Lamar

Sebelum merilis debut album, Rich Brian sempat tampil di talk show ternama Amerika, The Late Late Show with James Corden pada (1/2). Di acara yang menjadi salah satu dari rangkaian promosi albumnya ini, Brian beraksi dengan membawakan dua lagu yakni Amen dan Cold secara medley.

Baru kemudian, Brian dan fans berada di tengah euforia perilisan debut album Amen. Jadi sorotan banyak pasang mata dan begitu diakui dari sisi musikalitas, ada satu pencapaian yang mantap diraih Brian bersama Amen.

Adalah album Amen yang berhasil meraih posisi pertama di chart iTunes Hip Hop Chart. Pencapaian ini semakin terasa istimewa ketika, Brian menjadi musisi Asia pertama dalam sejarah yang mampu berada di no 1. "SEJARAH. @richbrian adalah musisi Asia pertama dalam sejarah yang berhasil meraih no 1 di chart iTunes Hip Hop. Orang-orang berpikir, ini jarang terjadi," tulis 88rising di Twitter resmi pada (4/2).

Bahkan kala itu, album Amen dari Rich Brian mengungguli album Kendrick Lamar, DAMN yang berada di posisi keempat. Terlihat pula album dari musisi lain yang berada di bawah Brian adalah album dari Migos, Childish Gambino, dan NF.

Turut bangga dapat mendengar kabar baik dari rapper Indonesia yang kian telah mendua, Rich Brian. Di usia yang baru genap 18 tahun, tentunya masih banyak kejutan yang akan Brian suguhkan bagi industri musik dan tentunya untuk fans. Seperti apa? Kita tunggu saja.

 

Putu Elmira

Editor Musik Bintang.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading