Sukses

Entertainment

Go Indie, 5 Solois Cewek Ini Perlu Kamu Kepoin

Fimela.com, Jakarta Jika era 90 dan awal 2000an masih dikuasai grup musik atau band, industri kini diwarnai banyaknya solois. Bukan cuma mereka yang bergabung di label ternama, tapi juga yang bergerak secara indie.

Saat ini pengaruh major label bisa diimbangi dengan strategi digital yang tepat. Karenanya tak heran jika mulai bermunculan label-label kecil kecil, atau bahkan solois yang bergerak secara independen.

 

Halo.

A post shared by Danilla Riyadi (@danillariyadi) on

Musik indie makin lama makin punya banyak ruang untuk didengar. Dengan kualitas yang berani diadu, akhirnya wajah-wajah baru makin memperkaya kubu indie.

Bahkan tak sedikit para solois wanita yang menempuh jalur indie yang biasanya identik dengan grup musik. Berikut ada 5 solois, indie, cantik, berbakat. Kurang apalagi?

1. Vira Talisa

Indie identik dengan keragaman musiknya yang nyaris tanpa batas. Salah satu yang unik adalah karya-karya Vira Talisa yang bernuansa retro pop.

Musik bercorak suasana Eropa jadi identitas Vira dengan personanya yang memikat. Karya Vira Talisa mencuri perhatian saat menjadi nominee AMI Award for Best of the Best Newcomer 2017 lalu.

2. Danilla

Nama yang sudah banyak dikenal lainnya adalah Danilla Riyadi. Bersinergi dengan Lafa sebagai gitaris dan komposer, kombinasi ini sukses menelurkan lagu-lagu bernuansa sendu.

Karena tema-temanya yang kelam, nggak sedikit yang mengasosiasikan Danilla dengan Janis Joplin atau Lana Del Rey. Meski begitu Danilla juga merilis sejumlah single yang ringan seperti Berdistraksi yang cukup komersil.

3. Eva Celia

Lahir dari orangtua yang punya nama besar di musik memberi pengaruh kepada Eva Celia. Setelah beberapa kali kolaborasi dengan Indra Lesmana di event jazz, Eva makin mantap bersolo karier.

Ketimbang pop mainstream yang ramah pasar, Eva Celia lebih pede dengan pilihannya. And So It Begins menjadi koleksi album pertama sebagai penyanyi solo.

4. Diastika

Diastika Lokesworo punya daya tarik tersendiri dengan sentuhan musiknya. Dengan ornamen jazz yang melekat di lagu-lagunya, Diastika siap membius para penikmat musik.

Salah satu yang patut kamu dengar adalah karyanya yang bertajuk Fire. Coba simak dan berikan komentar kalian.

5. Rara Sekar

Rara Sekar merupakan setengah dari formasi Banda Neira, yang telah memutuskan bubar. Berbeda dari sang adik, Isyana Sarasvati, Rara Sekar lebih senang berkecimpung di jalur independen.

 

Pada satu masa di alam net, ada seorang warganet yg bertanya, “Mba pilih mana, jadi petani atau penyanyi?” Kalau boleh jawab, aku ingin sekali jadi petanyi, petani yang nyanyi-nyanyi 😂. Ya... Karena belum sepenuhnya tercapai, ini adalah salah satu usahaku menuju sana. Semoga dapat berkenan di hati teman-teman sekalian ❤️ . Apati . Lagu ini adalah sebuah upaya merenungi kurangnya rasa tanggungjawab juga kepedulian saya pada mereka yang sedang berjuang mati-matian melawan ketidakadilan. Saya mencoba melakukannya dengan (semampu saya) membayangkan dan menempatkan diri di posisi mereka. . Semoga keadilan dan kebaikan selalu berpihak pada mereka; para petani Kendeng, Kulon Progo, dan siapa saja yang sedang berjuang melawan penindasan atas nama ‘pembangunan’. . Video lengkap bisa ditonton di youtube, tautan ada di bio @daramudaproject. . Apati, direkam secara live di Sungai Gledek Lanjeng, Madura, di atas perahu milik nelayan baik hati, Pak Moh. Kholil. . Song by : Rara Sekar (@rarasekar) Producer : Deni Ramdani (@denikochun) Videographer : Adika Hernandi (@dikakrebo) Audio Engineer : Sandi Simon (@sandi_simon) Director of Photography : Doly Harahap (@deadpixxl) Account Executive : Bintang Bekti (@bintangbekti) Photographer : Febriann Mohamad (@matisyahdu) Field Advisor : Andi Brata (@abevot) . Dibuat khusus untuk #daramudaproject.

A post shared by Rara Sekar (@rarasekar) on

Pasca era Banda Neira, Rara sempat terlibat dalam sebuah project, dengan meluncurkan tembang bertajuk APATI. Jadi solois cewek indie mana yang paling kamu favoritkan?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading