5 Perjalanan Fifth Harmony, Raih Sukses hingga Memilih Vakum

Putu Elmira21 Mar 2018, 07:08 WIB
[Bintang] 5 Perjalanan Fifth Harmony, Raih Sukses hingga Memilih Vakum

Fimela.com, Jakarta Fifth Harmony tengah menjadi sorotan setelah mengumumkan keputusan mereka untuk vakum. Ally Brooke dkk pun membagikan kabar mengejutkan tersebut melalui akun media sosial pada (19/3).

Pernyataan resmi grup pelantun Worth It ini seketika membuat Harmonizer, begitu fans setia mereka biasa disapa, diselimuti rasa kecewa. Banyak yang menyayangkan pilihan tersebut, namun banyak pula yang memberikan dukungan untuk para personel.

[Bintang] Fifth Harmony
Fifth Harmony (AFP / TOMMASO BODDI)

Adapun alasan di balik vakumnya Fifth Harmony adalah keingina para personel untuk menggali musikalitas dengan bersolo karier. Besar harap mereka dapat memperoleh pengalaman baru serta kekuatan yang nantinya akan dibawa ketika Fifth Harmony bersatu kembali.

Tidak lupa, Fifth Harmony juga mengucapkan terima kasih kepada Harmonizer atas cinta dan dukungan yang telah mereka berikan selama ini. Mereka akan berusaha untuk membangun diri dan akan membuat fans bangga.

Lalu, seperti apakah perjalanan Fifth Harmony dari awal terbentuk, masa jaya, hingga akhirnya memilih vakum? Yuk, simak rangkuman selengkapnya berikut ini.

1. Bertemu di Ajang Pencarian Bakat

[Bintang] Fifth Harmony
Fifth Harmony (AFP / Imeh Akpanudosen / GETTY IMAGES NORTH AMERICA)

Para personel Fifth Harmony yakni Ally Brooke, Normani, Dinah Jane, Lauren Jauregui, dan Camila Cabello dipertemukan dalam sebuah ajang pencarian bakat, The X Factor Amerika, tahun 2012. Lepas ajang tersebut, mereka menandatangani kontrak dengan label Syco Records dan Epic Records.

2. Debut Karya Fifth Harmony

[Bintang] Fifth Harmony
Fifth Harmony (AFP / Imeh Akpanudosen / GETTY IMAGES NORTH AMERICA)

Fifth Harmony memperkenalkan debut mini album bertajuk Better Together yang dirilis pada 18 Oktober 2013 yang terjual sebanyak 28 ribu kopi di minggu pertama dan berada di posisi keenam di Billboard 200. Kemudian, mereka hadir dengan debut single Miss Movin' On yang ada di peringkat 76 di Billboard Hot 100. Lagu ini juga meraih sertifikat Gold di Amerika Serikat untuk penjualan 500 ribu unduhan digital dan streaming gabungan.

3. Masa Jaya Fifth Harmony

[Bintang] Fifth Harmony
Fifth Harmony (Bintang/EPA)

Fifth Harmony juga merilis debut album Reflection pada 30 Januari 2015 dan menghasilkan tiga single yakni Boss, Sledgehammer, dan Worth It. Worth It menjadi single yang paling sukses di dalam album ini dan berada di 10 teratas dalam chart di 13 negara. Selain itu, Worth It juga meraih sertifikat triple platinum. Kemudian, album Reflection meraih sertifikat Gold pada Februari 2016 dan pada Desember 2017 meraih Platinum dari Recording Industry Association of America.

4. Hengkangnya Camila Cabello

[Bintang] Camila Cabello
Camila Cabello (AFP / Theo Wargo / GETTY IMAGES NORTH AMERICA)

Fifth Harmony meluncurkan album kedua, 7/27 pada 27 Mei 2016 dengan personel lengkap. Prahara mulai menyapa grup ini ketika salah satu personel, Camila Cabello memutuskan untuk hengkang pada Desember 2016. Sejak itu, Camila kian mantap untuk bersolo karier sedangkan Fifth Harmony masih bertahan dengan merilis album ketiga bertajuk self-titled pada 25 Agustus 2017.

5. Fifth Harmony Memutuskan Vakum

[Bintang] Fifth Harmony
Fifth Harmony (AFP / KEVIN WINTER / GETTY IMAGES NORTH AMERICA)

Meski masih sempat bertahan dan berkarya pasca ditinggal Camila Cabello, namun Fifth Harmony hadir dengan kabar mengejutkan. Adalah keputusan mereka untuk vakum dan menyampaikan hal tersebut melalui akun media sosial resmi. Para personel Fifth Harmony akan bersolo karier dan mengejar mimpi mereka. Sementara, Fifth Harmony memastikan mereka akan tetap tampil dalam agenda yang tersisa.

Lanjutkan Membaca ↓