Sukses

Entertainment

Kronologi Kasus Perburuan Satwa Langka oleh Salman Khan

Fimela.com, Jakarta Salman Khan kembali terjerat kasus hukum. Setalah kecelakaan maut pada 2015 lalu, Salman kini dituntut atas kasus perburuan hewan langka, blackbuck, oleh salah satu pencinta hewan di India.

Kasus tersebut bermula ketika Salman bersama sejumlah rekannya tengah syuting film Hum Saath Saath Hain pada 1998 silam. Salman menembakkan peluru ke dua blackbuck bersama empat aktor lainnya. Jika empat aktor lainnya dibebaskan, maka Salman harus menjalani proses hukum. 

Di tahun 2006, Salman pun dituntut atas dua kasus perburuan ilegal yang mevonisnya secara terpisah, yakni lima tahun dan satu tahun penjara. Pengadilan Tinggi Rajasthan kemudian menangguhkan hukuman di tahun berikutnya.

Seperti diwartakan BBC, dua vonis yang diterima Salman Khan akhirnya dibatalkan pada 2016. Namun, Pemerintah Negara Bagian memutuskan untuk mengajukan banding ke Mahkamah Agung.

 Salman Khan lantas dibebaskan di kasus ketiganya di 2017, yang di mana ia dituntut atas kepemilikan senjata tanpa izin saat melakukan perburuan di 1998.

Komunitas pencinta binatang lokal Bishnoi kemudian menuntut kembali sang aktor atas apa yang dilakukannya di 1998 silam. Salman Khan kini tengah menikmati masa-masa di balik jeruji besi, sebelum akhirnya mengajukan banding.

Salman Khan ajukan banding

Bhawani Singh selaku Jaksa Penuntut Umum mengatakan, jika Salman Khan bisa mengajukan banding atas keputusan pengadilan. Andai banding yang diajukan Salman diterima, maka ia bisa memberikan jaminan atau hukumannya ditangguhkan.

Sementara itu, kuasa hukum Salman Khan, Anand Desai mengatakan, jika kliennya telah mengajukan permohonan untuk sidang mendesak ke pengadilan. Rencananya, permohonan akan didengarkan pada Jumat (6/4/2018) pagi ini waktu setempat.

"Kami sedang mempelajari tuduhan- itu sangat mengejutkan, karena seluruh penyelidikan, dan fakta-fakta dari kasus ini mengatakan Salman telah dibebaskan oleh Hon'ble (Terhormat) Pengadilan Tinggi Rajasthan dalam dua kasus," ujar Anand Desai, dikutip CNN.

Tak ada perlakuan istimewa

Selama mendekam di balik jeruji besi, Salman Khan tidak mendapatkan perlakuan istimewa apapun. Menurut pihak penjara, aktor berusia 52 tahun ini juga tidak memiliki permintaan khusus terkait makanan atau minuman.

"Salman Khan telah diberi nomor 106 dan disimpan di bangsal nomor dua. Dia dibuat menjalani tes medis dan tidak memiliki masalah medis," kata Vikram perwakilan Jodhpur DIG (penjara).

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading