Seperti Kartini, 6 Drama Korea Ini Punya Semangat Emansipasi Wanita

Puput Puji Lestari13 Apr 2018, 08:45 WIB
[Bintang] 8 Drama Korea yang Wajib Ditonton pada 2017

Bintang.com, Jakarta Setiap bulan April, hari lahir Kartini akan selalu mengingatkan perjuangan emansipasi wanita. Tak cuma di Indonesia, tema ini selalu menjadi tema yang menarik untuk dibahas. Termasuk dalam drama Korea.

Karena emansipasi itu sejatinya semangat global. Emansipasi wanita juga diperjuangkan di hampir segala bangsa hingga saat ini. Tak heran jika semangat kesetaraan gender juga tak jarang disusupkan.

Beberapa judul drama Korea mengangkat tema tentang perjuangan wanita. Dari era kerajaan hingga era modern, banyak tema yang menyelipkan perjuangan kesetaraan gender. Simak yuk 6 drama Korea yang memiliki semangat emansipasi wanita berikut ini.

 

1. Strong Woman Do Bong Soon

Strong Woman Do Bong Soon mengisahkan seorang gadis bernama Do Bog Soon yang memiliki kekuatan super. Ini adalah kekuatan yang diturunkan turun temurun dari nenek, ibu, dan Do Bong Soon. Jika kekuatan itu disalahgunakan maka wajahnya akan rusak oleh bintik-bintik merah.

Do Bong Soon berusaha untuk menahan kekuatannya agar kutukan tidak terjadi pada wajahnya. Karena kekuatan itu, dia mendapat pekerjaan sebagai pengawal CEO perusahaan game yang diimpikannya. Drama Korea, Strong Woman Do Bong Soon menunjukkan bagaimana seorang wanita mesti yakin dan teguh mengejar mimpinya.

 

 

2 of 6

2. Saimdang, the Herstory

[Bintang] Saimdang
Saimdang, the Herstory (via DramaFever)

Drama Saimdang, the Herstory diangkat dari kisah cinta yang diatur pada masa kehidupan tokoh sejarah Korea, Shin Saimdang. Saimdang adalah pelukis terkenal pada masa kerajaan. Lukisan dirinya ada di mata uang Korea.

Aktris cantik Lee Young Ae membintangi dua karakter dalam drama ini. Yakni dosen seni dan Shin Saimdang, seorang seniman, sastrawan sekaligus mahasiswa. Perjalanan waktu dan kisah kesetiaan dalam drama ini sangat menyentuh.

 

 

3 of 6

3. Descendants of the Sun

Descendants of The Sun
Drama Descendants of The Sun yang diperankan Song Joong Ki dan Song Hye Kyo sukses menyapu bersih penghargaan Seoul Drama Awards 2016.

Drama Descendant of the Sun menjadi drama yang paling banyak dibicarakan penggemar Korea Drama hingga saat ini. Ketegangan perang, romantisme cinta, dan profesionalisme dokter membuat drama yang dibintangi Soo Jong Ki dan Song Hye Kyo ini begitu dicintai penggemarnya.

Selain kisah yang romantis, drama ini juga memperlihatkan bagaimana para wanita turun berjuang di medan perang untuk misi kemanusiaan. Peran mereka juga beragam ada dokter, perawat, juga tentara.

 

4 of 6

4. Jewel in The Palace

Lee Young Ae
Lee Young Ae saat berperan sebagai Jang Geum di drama Jewel in the Palace (2003).

Jewel In The Palace mengangkat kisah nyata tabib wanita pertama di era kehidupan istana di era dinasti Chosun. Saat itu, wanita selalu dianggap remeh dan hanya berkutat di kamar atau dapur. Namun, perjuangan Jang Geum untuk menjadi tabib wanita pertama dan dipercaya oleh sang Raja pada masa itu menjadikannya inspirasi bagi peran wanita lain di drama ini.

Lee Young Ae mendapat pengakuan internasional pertama pada tahun 2003 untuk penampilannya dalam serial televisi pemenang penghargaan, Jewel in the Palace. Drama ini telah diekspor ke 91 negara yang meningkatkan fenomena budaya pop Korea di luar negeri.

5 of 6

5. Dong Yi

[Bintang] Dong Yi
Dong Yi (Via Viki)

Dong Yi yang diperankan oleh Han Hyo Joo ini mengisahkan seorang pelayan biro musik di istana. Berkat kecerdasan dan kebijakannya, dia lantas dinikahi oleh raja bernama Suk Jong dan melahirkan putra yang menjadi raja berikutnya dari drama yang pertama kali disiarkan di tahun 2010 ini. Dong Yi sendiri mendapatkan rating yang sangat memuaskan di Korea berkat peran dari Han Hyo Joo.

6 of 6

6. Queen Seondeok

queen seondeok
Queen Seondeok

Drama Korea berjudul Queen Seondeok mengusung seluk beluk kehidupan istana, Queen Seon Deok yang diperankan oleh aktris Lee Yo Won menjadi ratu wanita pertama di salah satu dari tiga kerajaan di Korea masa lampau, Silla. Seon Deok juga menjadi wanita kedua yang menjadi ratu di seluruh Asia Timur raya. Dalam Queen Seondeok, dia dikisahkan menjadi seorang ratu yang beritikad teguh hingga mampu menggulingkan kediktatoran dari musuh besarnya Mi Shil yang diperankan oleh Go Hyun Jung.

Lanjutkan Membaca ↓
Titi Kamal. (Deki Prayoga/Fimela.com)
2M Ago

Titi Kamal mengaku jika perawatan tubuh sangat penting untuk menunjang aktivitasnya sebagai seorang selebriti Indonesia.

Selengkapnya
Titi Kamal. (Deki Prayoga/Fimela.com)
(Instagram/oliviazallianty)
2M Ago

Olivia Zalianty, meski sibuk berkarier dan wushunya, tetap menyempatkan diri untuk melakukan bela negara di Payakumbuh

Selengkapnya
(Instagram/oliviazallianty)
Cynthia Lamusu bicara perkembangan buah hatinya (Instagram/cynthia_lamusu)
2M Ago

Cynthia Lamusu merasa berbahagia melihat tumbuhkembang buah hatinya.

Selengkapnya
Cynthia Lamusu bicara perkembangan buah hatinya (Instagram/cynthia_lamusu)
Soimah. (Instagram/showimah)
2M Ago

Soimah ambil bagian di album terbaru gitaris Dewa Budjana.

Selengkapnya
Soimah. (Instagram/showimah)
Nycta Gina termasuk artis yang juga dokter (Instagram/missnyctagina)
2M Ago

Menjadianak tunggal, Nycta Gina mengungkapkan kurang dan lebihnya.

Selengkapnya
Nycta Gina termasuk artis yang juga dokter (Instagram/missnyctagina)