Cerita Cinta, Joanna Alexandra-Raditya Oloan Panggabean

Ade Kurniawan14 Apr 2018, 12:00 WIB
Diperbarui 14 Apr 2018, 12:00 WIB
[Bintang] Joanna Alexandra

Fimela.com, Jakarta Usia pernikahan Joanna Alexandra dengan Raditya Oloan Panggebean genap berusia 11 tahun pada bulan Juni 2018 mendatang. Jelang hari bahagia, ia menceritakan kisah cintanya mulai dari pacaran, menikah hingga membina rumah tangga dengan suami tercinta, Raditya.

Joanna mengatakan bahwa ia bertemu dengan Raditya tak sengaja lantaran dikenalkan oleh sahabatnya saat duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP). Kala itu, Raditya sudah berseragam putih abu-abu atau SMA.

"Sebelum pacaran, kita memang sahabatan sejak lama. Aku kenal sejak kelas 3 SMP, dia (Raditya) SMA, Saat itu, kita dikenalin sama teman," kata Joanna saat memulai menceritakan perjalanan kisah cintanya dengan Raditya.

Seiring berjalannya waktu, persahabatan Joanna Alexandra dan Raditya semakin akrab bahkan visi misinya tujuan hidupnya sudah sehati. Sehingga, Joanna memutuskan untuk berpacaran setelah selesai sekolah SMA.

"Kita sudah saling kenal karena kita sahabatan lama banget. Kita sudah klik dan saat lulus SMA, kita resmi berpacaran serius," kata perempuan kelahiran Jakarta, 23 April 1987 itu.

Joanna Alexandra menikah di usia muda

[Bintang] Joanna Alexandra
Joanna Alexandra dan suami. (Adrian Putra/Bintang.com)

Keputusan Joanna menjadi kekasih Raditya karena kekasihnya sayang, cinta, perhatian, pengertian serta bertanggung jawab. Selama berpacaran, mereka jarang marahan, cemburu apalagi berantem.

Di sisi lain, Joanna dan Raditya sering berpesta ke tempat hiburan malam. Gaya hidup dunia malam membuat mereka terjerumus ke lembah hitam sehingga ke bablasan dalam menjalin hubungan asmaranya. Oleh karena itu, Joanna hamil diluar nikah dengan Raditya.

"Radit memang orangnya baik. Dia bertanggung jawab, usia aku waktu itu 20 tahun dan Radit 23 tahun. Meski kita punya masa lalu kurang baik karena suka clubing (dugem) hingga aku hamil sebelum nikah," kenang Joanna.

[Bintang] Joanna Alexandra
Joanna Alexandra

Lika liku kehidupan Joanna Alexander dan Raditya Oloan Panggebean memang penuh suka cita. Meski cobaan berat tapi mereka percaya bahwa badai pasti berlalu dan kebahagiaan akan menghampiri keluarga tercinta.

"Kejadian itu buat aku taubat begitupun dengan Radit karena ia mau membesarkan anak ini. Akhirnya, aku berserah diri sama Tuhan dan menjadi lebih baiklah disitu. Aku dan suamiku benar-benar berserah dan belajar lebih baik," urai Joanna Alexsander yang dipersunting Raditya secara resmi pada 16 Juni 2007 silam.

Joanna Alexandra dan Raditya mulai dari nol

[Bintang] Joanna Alexandra dan Suami
(Adrian Putra/Bintang.com)

Setelah resmi menjadi pasangan suami istri, mereka sepakat berkomitmen untuk memulai dari nol dengan merawat buah hatinya bernama Zuriel Paris Jedidiah Panggabean yang lahir pada 31 Oktober 2007.

Sejak membina mahligai rumah tangga, Joanna dan Raditya banyak pengalaman yang belum pernah dialami saat masih berpacaran. Mereka berusaha melakukan yang terbaik demi menjaga keutuhan rumah tangganya.

Joanna dan Raditya berlajar bersabar dalam menghadapi berbagai masalah rumah tangga. Satu sama lain berusaha mengerti dan menghargai perasaan demi keutuhan keluarga.

"Banyak ya, banyak yang aku belajar menikah muda, ego masih wow, jadi ya pas lihat, gila ya begitu amat dulu. plus lagi aku hamil, jadi dipaksa untuk cepat dewasa," ujar Joanna.

 

[Bintang] Joanna Alexandra
"Kita sampe jual mobil untuk Zio. Banyak hal yang kami korbankan juga sih. Beberapa tunggakan juga terjadi di keluarga kita. Tapi kita tetap happy untuk semua, kalau sampai harus jual rumah, akan kita jual," Raditya Oloan. (Instagram/joannaalexandra)

Dari situlah, perubahan terus dilakukan oleh Joanna Alexandra. Begitupun dengan suaminya. Saat merintis membangun rumah tangganya, mereka merasa berat tapi niat dan tekatnya membuat optimis bisa mewujudkan indah pada waktunya.

"Waktu Zurich lahir, aku sudah banyak berubah, nggak merokok dan lain lain. Tapi suamiku masih step by step. Awal pernikahan itu ya banyak dukanya, tapi semuanya bisa teratasi dengan baik karena kita belajar mengerti dan memahami satu sama lain," kata Joanna.

Buah cinta pernikahan Joanna dan Raditya membuat perubahan bagi dirinya dan rumah tangganya. Meski begitu, ia harus membagi waktu antara karir dan keluarga. Berhuntung, komitmen membina keluarga bahagia bisa dijalaninya hingga saat ini.

"Aku memang orangnya cepet marah, egois tapi saat aku punya anak, totalitas jadi berubah karena aku selalu memikirkan anak, anak dan anak," kata pemain film Catatan Akhir Sekolah.

"Apapun yang harus aku lakuin agar anak aku bisa kaya gini, gini dan gini. Sempat juga tuh awal-awal aku berantem sama radit karena aku terlalu memprioritaskan anak, nggak pikirin suami. Itu probelama dulu ya," sambungnya.

[Bintang] A3 Eksklusif Joanna Alexandra
Joanna Alexandra berusaha semaksimal mungkin untuk kesembuhan anak bungsunya itu. (Lokasi: Fraser Residence Sudirman Jakarta Pusat, Foto: Bambang E Ros, Stylist: Indah Wulansari, DI: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Setelah tiga tahun usia pernikahannya, Joanna dan Radiya dikaruniai anak kedua bernama Zeraiah Moria Phinehas Panggabean (26 Juli 2010). Ia bersyukur rumah tangganya semakin lengkap dengan kehadiran buah hatinya.

"Kebahagiaan itu datang dari dalam ya menurut aku. Aku bukan bahagia karena suamiku sayang aku atau aku bahagia karena suamiku inget ultah pernikahan kita terus jalan-jalan. Bukan, tapi aku memutuskan untuk menjadi orang yang bahagia bukan seperti itu," cerita Joanna.

"Aku bukan orang yang mencari kebahahgiaan pada suami tapi aku mau memberikan kebahagiaan untuk suami, begitu juga sebaliknya. Jadi kita sama-sama berlomba untuk menyenangkan satu sama lain, bukannya kita orang yang minta disenangin dan dibahagiakan. Kita sama-sama memberi. kalau mau menikah, harus cukup sama dirinya sendiri sih,pas pernikahan bar ga jadi posesif dan nyebelin gtu," paparnya.

[Bintang] A1 Eksklusif Joanna Alexandra
Joanna Alexandra, tengah menghadapi cobaan kehidupan. Zio, buah hatinya mengidap penyakit langka. (Lokasi: Fraser Residence Sudirman Jakarta Pusat, Foto: Bambang E Ros, Stylist: Indah Wulansari, DI: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Setelah delapan tahun usia pernikahannya, Joanna dan Raditya kembali dipercaya oleh Tuhan dengan diberikan anak ketiga bernama Zoey Havilah Salajena Panggabean (29 September 2015). Kebahagiaan semakin lengkap. Apalagi, mereka jarang isiukan gosip miring tentang rumah tangganya. Dua tahun berikutnya, Joanna melahirkan anak keempat bernama Ziona Eden Alexandra Panggabean (24 Mei 2017).

Namun, kehadiran anak keempat itu, Joanna Alexandra dan Raditya harus bersabar karena buah hatinya itu mengidap penyakit langka bernama Campomelic Dysplasia sejak lahir. Meski begitu, mereka berusaha tetap sabar merawat buah hati tercinta. Mereka tetap bersyukur atas anugerah terindah yang diberikan Tuhan kepadanya. 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 3 AGUSTUS 2021