Sukses

Entertainment

Cerita Perjuangan Mariah Carey Lawan Bipolar selama 20 Tahun

Fimela.com, Jakarta Di balik kesuksesannya, Mariah Carey ternyata menyimpan rahasia besar tentang kondisi kesehatannya. Selama hampir dua dekade berkarya, Mariah baru kali ini terang-terangan mengungkap jika dirinya mengidap bipolar.

"Aku tengah berada di kondisi amat baik saat ini, aku sudah merasa nyaman mendiskusikan perjuanganku melawan bipolar disorder tipe II," jelas Mariah pada majalah People.

"Aku berharap kita bisa melawan stigma negatif dari masyarakat tentang kondisi bipolar disorder. Perjuangan tanpa disertai dukungan orang sektar bisa sangat sulit. Aku tak ingin (stigma masyarakat) mendikte atau mengontrolku," terang Maria lebih lanjut.

Menurut National Institutes of Mentah Health USA, bipolar disorder tipe II adalah kondisi kesehatan mental yang sering mengalami perubahan mood extrem dari bahagia ke sedih secara cepat.

Berbeda dengan bipolar tipe I, yang membuat penderita mengalami perubahan dalam fase cukup lama, bipolar tipe II membuat perubahan emosi dalam waktu singkat. Namun yang pasti kondisi bipolar pasti membuat gangguan pola tidur, penurunan energi, dan perilaku bagi penderitanya.

Mariah Carey memaparkan kondisi ini pada majalah People tahun 2001 lalu. Pada kala itu ia bahkan sempat dirawat di RS karena mengalami perubahan kondisi fisik dan emosi yang ekstrem. Namun, ia tak mau mempercayai dirinya terkena bipolar dan terus melakukan penyangkalan.

Setelah perjuangan yang cukup panjang akhirnya Mariah Carey siap menghadapi kondisinya dan memilih melakukan perawatan. "Aku masih bertahan dalam penyangkalanku hingga baru-baru ini, aku sangat takut bila seseorang akan membongkar kondisiku," ungkapnya.

"Hal ini adalah beban berat yang harus kutanggung dan aku tak bisa lagi menyimpannya. Aku mencari perawatan, mengelilingi diriku dengan energi positif dan kembali melakukan hal yang ku suka yaitu menulis lagu serta bermusik," tandas Mariah Carey mengakhiri.

 

Sumber: Kapanlagi.com

Penulis: Rezka Aulia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading