Sukses

Entertainment

Rinni Wulandari dan Sulap Wajah Para Artis

Fimela.com, Jakarta Sebagian publik figur biasanya menggunakan jasa makeup artist (MUA), salah satunya penyanyi Rinni Wulandari. Tak hanya mempercantik diri melainkan makeup suatu seni memulas wajah agar terlihat cantik dan memesona selama beraktivitas.

Rinni Wulandari mengenal makeup artis ketika ia memulai berkarir sebagai penyanyi. Menurutnya, makeup sangatlah penting bagi dirinya bahkan setelah wajahnya dirias, ia lebih percaya diri ketika bernyanyi diatas panggung.

Perempuan kelahiran Kota Medan, Sumatera Utara, 28 April 1990 sangat membutuhkan jasa makeup artis (MUA). Bahkan, sejak beberapa tahun terakhir, Rinni Wulandari punya makeup artist pribadi, Yoan Yuana.

"Ya, aku percaya sama mba Yoan sebagai MUA, dia dari tahun 2007 sudah ikut sama aku sejak aku remaja, kuliah, sama menikah dan punya anak, dia yang selalu merias wajahku," kata Rinni Wulandari saat berbincang dengan Bintang.com di kawasan Gatot Soebroto, Jakarta Selatan, akhir pekan lalu.

Tak sembarangan atau asal pilih makeup artis, pelantun Aku Tetap Milikmu (2007) ternyata selektif memilih jasa makeup artist. Baginya, memilih seorang makeup artist seperti memilih teman sejati atau pasangan.

Dengan bantuan makeup artist, Rinni Wulandari sangat terbantu ketika akan melakukan berbagai aktivitas. Ia tak harus memikirkan model rambut ataupun riasan wajah. Apalagi, Rinni sudah percaya dengan makeup artis-nya yang sudah 11 tahun merias dirinya.

"Biar nggak ribet, makanya pakai MUA, aku pilih mba Yoan karena dia bisa make up dan hairdo, jadi satu paket gitu dan nggak cari orang lain lagi," kata Rini Wulandari.

Selama mempercayakan Yoan sebagai makeup artis pribadinya, Rinni Wulandari tak pernah kecewa. Yoan sudah mengerti apa yang diinginkan istri Jevin Julian. Selain polesnya makeup-nya yang sempurna, Rinni Wulandari juga tak merasa keberatan untuk membayar jasa makeup artis.

"Kalau urusan budget adalah, relatif murah karena aku dengan dia sudah kenal sejak lama. Jadi, soal bayaran nggak terlalu mahal cukup terjangkau ya," ujar Rinni Wulandari.

Sederet selebriti pakai jasa makeup artist

Makeup artist sendiri memang sudah ada sejak lama di Indonesia. Jauh sebelum Rinni Wulandari memakai jasa makeup artist, penyanyi atau artis papan atas seperti Vina Panduwinata, Krisdayanti, Titi Kamal, Rossa, Yuni Shara, Titi DJ, Inul Daratista hingga Syahrini juga menggunakan jasa MUA untuk mempercantik dirinya.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan profesi MUA semakin diminati banyak orang dari tahun ke tahun. Bahkan, ada beberapa nama-nama MUA terkenal di Indonesia, baik dari laki-laki maupun perempuan antara lain Bennu Sorumba, Anpa Suha, Irwan Riady, Bubah Alfian, Oma Derry, Marlene Hariman dan masih banyak lagi.

Para selebriti kerap menggunakan jasa makeup artist, untuk sekali makeupnya harganya pun relatif untuk sekali riasan. Polesan yang terkesan menarik, cantik dan natural merupakan jurus terjitunya. Terbukti, beberapa artis senior ataupun junior kerap menggunakan makeup artis yang tidak terlalu suka dengan riasa tebal atupun menor.

Setiap selebritis ataupun wanita dari berbagai kalangan yang dirias makeup artis, biasanya akan terlihat berubah sangat cantik dan berbeda dari sebelumnya. Terkenal dengan riasan apik dan cantik, Yoan Yuana punya cara merias wajah agar makeup tidak terlalu tebal atau medok serta tak menghilangkan jati diri selebriti tersebut.

"Kalau aku kiblat make up lebih flawles jadi yang biasanya dateng ke aku ya karena kesukaan kita sama. Caranya ya makeup nggak perlu terlalu tebal dan tidak menghilangkan jati diri si artis tersebut," kata Yoan.

Suka duka menjadi make up artis

Sebelum menekuni profesinya sebagai makeup artis, Yoan Yuana merupakan karyawan kantoran di sebuah perusahaan swasta. Ia keluar kerja karena merasa memiliki bakat dibidang makeup artis.

Keputusan Yuan Yoana menjadi makeup artist tidaklah mudah karena ibunda menentang profesinya tersebut. Perlahan tapi pasti, Yoan Yuana tetap meyakinkan sang ibunda apapun yang ia pilih ini adalah yang terbaik untuknya. "Aku merasa ada bakat jadi aku optimis dan percaya dengan kemampuan ini," ucap Yoan Yuana.

Selama menekuni profesi MUA, Yoan selalu belajar dari beberapa teman dan sahabatnya yang berprofesi sebagai MUA. Bahkan, ia tak pernah lelah mencoba dari berbagai refrensi cara me-makeup wajah yang baik dan benar.

Usai pendidikan kecantikan, Yoan Yuana pun mendapatkan tawaran dari lembaga sekolahnya untuk menjadi seorang MUA. Tak banyak memang para siswa yang akhirnya terpilih saat itu. Lembaganya tersebut pun memegang beberapa program televisi, sehingga Yoan Yuana mulai memoles beberapa wajah selebriti menjadi lebih cantik dari tangan manisnya. Semenjak itu, tawaran MUA dan hairdo semakin berdatangan.

Dengan pendidikan kecantikan serta alat make up yang bisa dibilang harganya cukup mahal, membuat Yoan Yuana mendapat bayaran setimpal meski baru pertama kali menjadi MUA. Namun kala itu Yoan Yuana tak mau mengubris berapa nominal pastinya. "Aduh berapa ya. Ya, pokoknya lumayan lah, ya dapat gajinya mah hehe," ujar Yoan Yuana.

Yoan Yuana menceritakan bahwa meski sudah belasan tahun terjun di dunia make up, dirinya tetap pernah di komplain beberapa kliennya. Namun, itu adalah hal yang wajar baginya dan semakin membuatnya ingin belajar menjadi lebih baik lagi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading