Sukses

Entertainment

Metamorfosa Robert Downey Jr, Sang Iron Man yang Punya Masa Lalu Kelam

Fimela.com, Jakarta Saat ini, Robert Downey Jr. mungkin masuk dalam jajaran aktor Hollywood dengan bayaran termahal. Ia dikenal lewat peran-perannya di puluhan judul film box office, dan salah satu karakter yang sangat melekat pada Downey adalah Iron Man besutan komik Marvel.

Sosok Iron Man dikisahkan sebagai pria cerdas pembela kebenaran yang tergabung dalam Avengers. Kehidupan sang Iron Man di dunia nyata ternyata sangatlah berbeda. Downey memiliki kehidupan kelam di masa lalunya.

Siapa sangka, pria kelahiran Manhattan, 4 April 1965 ini sudah ketergantungan narkotika jenis ganja sejak usianya 6 tahun. Sang ayah, Robert Downey Sr., memang pecandu narkoba yang membuat Downey ikut terbawa arus.

"Ketika ayahku dan aku akan mengonsumsi narkoba bersama, sepertinya dia mencoba mengungkapkan cintanya padaku dengan satu-satunya cara yang dia tahu," ujar Robert Downey Jr.

Sang ayah yang berprofesi sebagai filmmaker dan aktor itu juga membuat Downey harus menghabiskan banyak waktunya di lokasi syuting. Bahkan, ia sudah memulai debut aktingnya sejak usia tujuh tahun dengan tampil di film Greaser's Palace (1972).

Saat remaja, Downey lantas tergabung dengan Stagedoor Manor di New York. Setelah perceraian kedua orangtuanya, Downey pun dikeluarkan dari Santa Monica High School dan melanjutkan kehidupannya sebagai pelayan restoran dan toko sepatu.

Hingga akhirnya, nasib mujur membawanya dalam dunia hiburan Hollywood. Bersama dengan sahabatnya, Kiefer Sutherland, Downey meniti kariernya sebagai bintang baru Hollywood di tahun 1980-an.

Di saat kariernya mulai merangkak naik, Downey justru dihadapkan pada kondisi terburuk. Ia kembali kecanduan parah narkotika hingga membuat kariernya mengalami masalah. Tak cuma mengalami rehabilitasi saja, Downey juga harus mendekam di penjara Los Angeles selama enam bulan pada 1997 silam.

Perlahan namun pasti, Downey mulai menata kembali kariernya yang meredup karena narkotika. Dan, keputusannya untuk bermain sebagai Iron Man benar-benar telah membawa namanya sebagai salah satu aktor yang sangat diperhitungkan.

Sukses sebagai aktor, Downey dan sang istri, Susan Levin membangun rumah produksi Team Downey dengan salah satu projectnya, The Judge. Downey dan Susan yang menikah pada Agustus 2005 itu diketahui telah memiliki dua anak.

Sebelum bersama Susan Levin, Robert Downey Jr. pernah berpacaran dengan aktris Sarah Jessica Parker, namun putus karena kecanduan narkoba yang diderita Downey. Lantas, Downey menikah dengan aktris sekaligus penyanyi Deborah Falconer pada 29 Mei 1992 setelah 42 hari pacaran.

Sayangnya, rumah tangga Robert Downey Jr. dan Deborah Falconer kandas karena kasus hukum yang menimpa sang aktor terkait narkoba. Keduanya pun diketahui memiliki seorang anak laki-laki berama Indio Falconer Downey yang lahir pada September 1993 silam.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading