Sukses

Entertainment

Money Resolution: Fun Tapi Hemat

money

Pengalaman Lebih Berharga

Kamu bisa aja berpikir kalau sofa baru atau high heels model baru akan bikin kamu bahagia, tapi menurut riset, membelanjakan uang untuk barang material tidak lebih menyenangkan dibandingkan pengalaman, contohnya berlibur, nonton konser atau makan enak. Pengalaman menghasilkan kenangan, which bring more long-term pleasure than objects. Sepatu bisa rusak, tapi kenangan nggak, kan?

Bertahan pada bujet

Berita bagus: nggak ada hubungan antara seberapa banyak uang yang dihabiskan untuk sebuah pengalaman dan besarnya kesenangan yang didapat. Makan enak bersama para sahabat dekat di restoran yang murah merah akan sama senangnya dengan dinner di hotel mewah. Hal yang bagus, karena menghabiskan uang yang nggak kamu miliki nggak akan menghasilkan kebahagiaan – seenak apapun steak wagyu tersebut. Kamu nggak bisa berhutang dan merasa bahagia.

Buat Time Card

Banyak orang yang bisa hidup senang dengan hidup hemat. Mereka membuat time card yang disimpan di dompet. Kartu kecil yang bertuliskan hasil pembagian gaji sebulan dalam hitungan jam. Misalnya gajimu Rp2.000.000,- dibagi 528 (22 hari kerja : 24 jam), hasilnya Rp3.788,- per jam. Saat kamu sadar bahwa perlu dua hari kerja untuk bisa memiliki uang Rp180.000,-, kamu akan berpikir dua kali untuk menghabiskan uang percuma. The less money you spend at the mall, the less time you’ll have to spend working to earn it.

Jangan Membandingkan

Keuntungan lain memilih pengalaman daripada barang: Pengalaman nggak mudah dibandingkan. Barang bisa dibandingkan dengan gampang. Contohnya, teman punya smart-phone keluaran terbaru, pastinya kamu setuju kalau milikmu yang berumur nyaris tiga tahun, kalah. Pengalaman, selama mencerminkan kesukaan dan keinginan pribadi nggak mudah dibandingkan. Kalau suka banget berenang di pantai, kamu akan bahagia dengan pergi ke Bali; perjalanan sahabat ke Amerika nggak akan bisa mengalahkan hal tersebut.

Bersedekah

Orang bisa mendapatkan kebahagiaan lebih dengan memberi kepada orang lain. Nggak harus banyak: bersedekah sebanyak Rp100.000,- ke mesjid atau panti asuhan, sudah pasti bikin hati lebih bahagia.

Ajak Teman

Pengalaman yang dibagi dengan orang lain biasanya lebih membahagiakan. Ini merupakan satu lagi alasan mengapa pengalaman lebih memberikan kepuasan daripada barang – teman bisa berbagi rasa antusias yang kalian rasakan setelah nonton konser bareng, tapi dia nggak akan merasakan kesenangan yang sama denganmu yang baru saja membeli tas baru.

Plan Ahead

Menantikan dan merencanakan sebuah acara is at least half the fun. Jadi mau itu jalan-jalan kuliner ke Bandung atau nonton musikal, catat di kalender. Kesenangan yang dirasakan akan bertambah, karena kamu menikmati jalan-jalan tersebut dan saat menunggu hari jalan-jalan tiba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading