Today Is Museum Day!

Fimela Editor18 Mei 2011, 03:59 WIB

Museum Layang-LayangMungkin banyak di antara kamu yang nggak tahu kalau tanggal 18 Mei diperingati sebagai Hari Museum Sedunia. Pada tahun 1977, Dewan Museum sedunia menetapkan tanggal 18 Mei sebagai Hari Museum dan Warisan Budaya Sedunia.

Nggak bisa disangkal kalau kini, orang lebih tertarik menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan di pusat perbelanjaan daripada harus menginjakkan kaki ke ruangan museum yang dingin dan sepi. Ya, saat ini sepertinya museum sudah kehilangan daya tariknya di mata masyarakat. Coba ingat, kapan terakhir kali kamu mengunjungi museum? Kami yakin, jawabannya adalah: ketika study tour saat di bangku sekolah.

Museum WayangKurangnya minat masyarakat terhadap museum membuat kehidupan museum semakin terancam. Kenyataan yang membuat miris adalah justru malah para wisatawan asing yang lebih tertarik mengunjungi berbagai museum di kota kita.

Dalam rangka memperingati Hari Museum Sedunia, yuk kita mulai kembali memasukkan museum ke dalam draft destinasi wisata yang akan kita kunjungi. Untuk merayakan Hari Museum, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta akan menyelenggarakan serangkaian acara yang diberi nama Festival Museum Day 2011 dengan tema "Museum and Memory". Acara ini akan diselenggarakan di Kawasan Kota Tua Jakarta.

Acara yang akan digelar sejak pukul 8.00 hingga pukul 18.00 ini diikuti oleh 43 museum yang ada di Jakarta. Festival Museum Day 2011 diadakan dengan tujuan untuk mengenalkan dan meningkatkan kecintaan masyarakat pada museum. Selain deretan stand-stand wakil tiap museum di Jakarta, acara ini juga akan dimeriahkan dengan aneka bazaar (makanan dan minuman, cinderamata, barang-barang antik, dan lain-lain) dan juga perlombaan yang akan melibatkan para pelajar di Jakarta.

Kalau kamu, kapan terakhir ke museum?