Salad Sehat? Siapa Bilang?

Fimela Editor06 Jun 2011, 03:59 WIB

Seporsi salad merupakan makanan pilihan favorit orang dietBuat kamu yang sangat menjaga kesehatan dan berat badan pastinya sudah nggak asing lagi dengan salad. Biasanya orang yang sangat memperhatikan ukuran tubuh ideal, sering kali memilih semangkuk salad untuk menu makan siang mereka.

Ya, umumnya salad memang dihidangkan sebagai hidangan pembuka, tapi saat ini salad banyak dihidangkan sebagai makanan utama. Salad yang disajikan sebagai hidangan utama, selain merupakan campuran berbagai sayuran segar biasanya juga dicampur dengan sumber protein, seperti keju, irisan daging ayam, kalkun, ataupun ikan tuna. Salah satu jenis sayuran yang selalu hadir dalam semangkuk salad adalah mentimun.

Namun, bagaimana bila gara-gara sebuah mentimun, semangkuk salad yang menyehatkan justru malah bisa mematikan? Saat ini, Eropa berhasil digegerkan oleh mentimun yang diduga menjadi penyebab kematian 16 orang warga Jerman. Akibatnya, beberapa negara di Eropa pun melarang warga mereka untuk mengonsumsi sayuran mentah. Rolf Stahl ahli penyakit ginjal di Hamburg pun menyarankan kepada warga Jerman untuk memasak makanan mereka terlebih dulu atau jangan disentuh apabila tidak dimasak.

Negara-negara di Eropa melarang warganya untuk mengonsumsi sayuran mentahSetelah diteliti, mentimun maut yang mengancam Eropa mengandung varian baru bakteri E. coli yang tidak terdeteksi sebelumnya. Penelitian yang dilakukan atas kerja sama peneliti Institut Genomika Beijing dan Klinik Universitas Hamburg-Eppendorf Jerman menemukan fakta bahwa bakteri ini kebal terhadap antibiotik sehingga cukup mempersulit pengobatan terhada pasien yang terjangkit.

Akibat semakin mewabahnya penyakit yang disebabkan oleh mentimun maut ini, Health Protection Agency dari Inggris menyarankan warga Inggris yang akan bepergian ke Jerman tidak mengonsumsi mentimun, selada, atau tomat. Selain itu, mereka pun diminta untuk segera pergi ke dokter jika mengalami diare berdarah.

Menanggapi isu ini, apa sih tindakan preventif yang sudah kamu lakukan? Share with us, friends...