Komunitas CeweQuat: Perempuan Lebih Kuat Bila Bersatu

Fimela Editor27 Agu 2012, 09:59 WIB

Next

Terbentuk atas dasar kepedulian seorang pribadi terhadap isu yang beredar di sekitar perempuan maka pada tahun 2011 lalu terbentuklah Komunitas CeweQuat. Adalah Bunga Mega, seorang Public Speaker, penulis, dan Executive Director of Marisza Cardoba Foundation yang mendirikan Komunitas CeweQuat. “Awalnya, komunitas ini terbentuk karena rasa tertarik pribadi saya untuk mempersiapkan sebuah buku self-help terhadap masalah/isu mengenai hubungan antarlawan jenis (relationship) yang kompleks dan selalu menjadi topik paling 'diminati' oleh seluruh perempuan di dunia,” ujar Bunga ketika dihubungi FIMELA.com.

cewequatKomunitas CeweQuat fokus terhadap topik/tema yang berkaitan dengan self development, relationship, dan passion/purpose of lifeNamun, seiring dengan berjalannya waktu, Mega merasa ide yang ia tuangkan melalui blog pribadinya harus dikembangkan. Inilah awal dari berdirinya Komunitas CeweQuat, atas dasar keyakinan Mega bahwa masih banyak orang yang peduli dengan isu-isu yang bisa membangun perempuan. “Pada tahun 2011 kemarin saya membuat website www.cewequat.com yang saat ini akan di-develop ulang karena banyak yang harus diubah dari bentuk web personal menjadi web community. Saat ini, CeweQuat memunyai tim inti sebanyak 5 orang,” Bunga bercerita.

Mega memilih nama ‘CeweQuat’ karena Mega sengaja mencari nama yang catchy untuk komunitasnya yang baru berusia 1 tahun ini. Selain itu, nama ‘CeweQuat’ juga sesuai dengan tujuan dari dibentuknya komunitas, yakni membuat perempuan menjadi pribadi yang lebih kuat, berprinsip, dan teguh. Komunitas CeweQuat fokus terhadap topik/tema yang berkaitan dengan self development, relationship, dan passion/purpose of life.

Next

 

Berbeda dengan website-website yang membahas isu perempuan lainnya, Mega mengatakan bahwa website CeweQuat merupakan komunitas yang menyenangkan, kreatif dengan topik-topik yang lebih segar, ringan, dan beragam. “CeweQuat lebih tepatnya merupakan wadah untuk perempuan mengaktualisasikan diri dan kesempatan agar bisa bersinergi dengan banyak pihak,” Bunga kembali menjelaskan.

cewequatKeanggotaan Komunitas CeweQuat terbuka untuk semua perempuan. “Semua perempuan yang ingin menjadi lebih kuat, bisa bergabung di Komunitas CeweQuat. Bahkan, kami juga mengundang teman-teman perempuan yang tergerak membantu mengembangkan perempuan untuk ikut andil sebagai friendsilitator (sebutan bagi para kontributor atau pembicara yang membantu tim),” ujar Mega.

Tertarik untuk tahu lebih banyak tentang Komunitas CeweQuat? Kamu bisa langsung mengunjungi CeweQuat.com atau ikut ke dalam program rutin bulanan yang diadakan oleh komunitas ini, misalnya saja #DatangBulan yang merupakan event gathering bulanan CeweQuat.

Nama 'CeweQuat' juga sesuai dengan tujuan dari dibentuknya komunitas, yakni membuat perempuan menjadi pribadi yang lebih kuat, berprinsip, dan teguh.Acara bulanan Komunitas CeweQuat, Datang Bulan merupakan event yang menghadirkan narasumber-narasumber inspiratif yang biasanya diadakan di sebuah tempat yang berbeda-beda. Dinda Nawangwulan sebagai cancer survival dan Angkie Yudistia seorang perempuan finalis Abang None tahun 2008 yang menderita tuna rungu namun bisa sukses mewujudkan mimpinya dengan mendirikan Thisable Entreprise, kedua perempuan inspiratif tersebut baru sebagian kecil contoh perempuan yang pernah menjadi pembicara di acara Datang Bulan. Selain acara Datang Bulan, Komunitas CeweQuat juga punya banyak kegiatan lain, yakni #CeweQuatShow, #Street17th, #Care2Share, dan #Cewepreneur. Penasaran ingin bisa gabung dengan event-event inspiratif CeweQuat? Kamu bisa terus pantau akun Twitter @ceweQuat untuk mendapatkan info terkini tentang berbagai kegiatan menarik plus cara untuk bergabung di dalamnya.

Lanjutkan Membaca ↓