Sukses

Entertainment

Jakarta Japan Matsuri: Membawa Jepang Ke Jakarta

Sejak 5 tahun lalu, dalam rangka merayakan kerjasama antara Jepang dan Indonesia, pihak Kedutaan Jepang melangsungkan acara festival kebudayaan Jepang, yang dinamakan Jakarta Japan Matsuri. Untuk tahun ini, merayakan 55 tahun kerjasama kedua negara, maka tema yang diangkat adalah: Indonesia - Jepang Selalu Bersama.

Berbagai rangkaian acara pun digelar. Ada banyak kesenian dan budaya khas Jepang lainnya yang dipamerkan. Mayoritas dari rangkaian acara ini dilangsungkan di Plaza Senayan, Jakarta, namun masih ada berbagai acara lain yang disebar di berbagai tempat di Jakarta.

Bagi para pecinta seni, rasanya rangkaian acara ini wajib dihadiri. Kedutaan besar Jepang menggelar pameran yang memamerkan berbagai jenis kesenian tradisional Jepang, yang masih belum banyak dikenal di Indonesia. Tidak hanya melangsungkan pameran saja, berbagai workshop juga dibuka sehingga pengunjung bisa belajar langsung mengenai kesenian ini langsung dari ahlinya. 

Pameran kerajinan yang ada di antaranya adalah Oshibana, yaitu kerajinan melukis menggunakan bunga dan daun yang sudah dikeringkan. Tidak hanya memamerkan hasil karyanya, tanggal 4 September 2013 kemarin diadakan juga acara Workshop Melukis Oshibana di Atrium Plaza Senayan.

lukisan oshibana dari bunga kering

Selain itu juga ada pameran Owl and Ume Flower Pompom, jenis kerajinan tangan khas Jepas yang merangkai berbagai jenis hiasan yang dibuat dari kain. Workshop membuatnya sayangnya juga sudah dilangsungkan kemarin, pada tanggal 3 September 2013.

kerajinan owl and ume flower pompomLalu ada juga pengrajin kaca Jepang, yang memamerkan berbagai perhiasan dan pajangan dari kaca hasil karyanya. Bagi kamu yang tertarik, kamu bisa membeli perhiasan ini, namun kamu juga bisa hanya membeli kacanya saja, dan membuat sendiri perhiasanmu di rumah. 

kerajinan dari kaca karya seniman jepang

Ada juga booth Japan Culinary yang memperkanalkan berbagai bahan makanan khas Jepang. Di booth ini kita bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai makanan Jepang, dan ada juga berbagai permainan menarik untuk diikuti. 

pameran kulinari Jepang

Untuk tanggal 5 September 2013, di Plaza Senayan akan dilangsungkan acara Anime Festival Asia, dan Cosplay Event. Acara ini wajib banget dikunjungi oleh kamu para penggemar anime. Sedangkan tanggal 6 Septembernya, JKT 48 akan didatangkan ke Plaza Senayan untuk menghibur para penggemarnya. Dan di hari Sabtu, 7 September 2013, kamu bisa membawa keluarga kamu ke Plaza Senayan, karena Jakarta Japan Matsuri akan mendatangkan Doraemon! Siapa yang tak suka pada robot kucing ini.

Selain rangkaian acara di atas, sejak tanggal 4 – 15 September 2013 juga diadakan Art Kitchen atau Pameran Media di Galeri Nasional Jakarta.

Penutupan dari Jakarta Japan Matsuri akan dilangsungkan pada tanggal 8 September 2013 di Monas yang akan menampilkan berbagai bintang tamu seperti: Bima Satria Garuda, JKT 48, dan Agnes Monika.

Untuk info lebih lanjut, silahkan cek website mereka: www.id.emb-japan.go.jp

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading