Sukses

Entertainment

RSJ Siapkan Kamar VIP Murah untuk Tampung Caleg Stres

pemilu 2014

Besok seluruh WNI yang tersebar di berbagai pelosok Nusantara akan menggunakan hak mereka dalam pesta demokrasi, Pemilu. Ajang pesta besar politik 5 tahunan ini kerap mendatangkan berita tersendiri. Jelang hari-H, bukan hanya para caleg dan partai yang mempersiapkan diri, tapi juga rumah sakit-rumah sakit yang tersebar di berbagai daerah ikut berbenah. Beberapa rumah sakit daerah dan rumah sakit jiwa membuat persiapan khusus menjelang Pemilu 9 April 2014.

Persiapan yang dilakukan beberapa rumah sakit dalam hal penanggulangan jiwa ini tentu bukan tanpa alasan. Berdasarkan pemantauan Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) jumlah caleg stres dan gila pada Pemilu 2009 mencapai angka 7.276 orang. Dan kini, KIPP memprediksi akan adanya peningkatan sebesar 20% caleg stres dan gila tahun 2014. Dua puluh persen tentu bukan angka yang kecil.

Modal besar yang didapat dengan mempertaruhkan keberlangsungan kehidupan pribadi mereka, diduga menjadi alasan para caleg tidak sanggup menerima kekalahan saat Pemilu. Mobil, rumah, dan hutang dari berbagai sumber pun dilakoni para caleg untuk memenuhi kebutuhan dana kampanye. Tidak heran KIPP memperkirakan adanya lonjakan 20% caleg stres dan gila tahun ini mengingat pada Pemilu kali ini semua biaya kampanye sepenuhnya ditanggung oleh caleg. Pada Pemilu tahun 2009 saja terdapat sekitar 7 ribuan caleg stres dan gila, kebayang nggak akan seperti apa jadinya jika prediksi lonjakan 20% terjadi?

Untuk mengantisipasi, beberapa rumah sakit dan rumah sakit di jiwa di berbagai daerah telah mempersiapkan unit gangguan jiwa mereka. Bahkan, mereka telah mempersiapkan ruangan khusus untuk para caleg yang depresi akibat kalah Pemilu. Sebut saja Rumah Sakit Jiwa Mahoni di Medan, seperti yang dikutip dari Medanners.com, RSJ yang satu ini menyediakan 10 kamar, 6 ruang VIP dengan tarif Rp375 ribu per hari dan Ruang Kelas I dengan tarif Rp220 ribu per hari.

Layaknya Medan, Jakarta pun menyiapkan 2 buah rumah sakit untuk menampung para caleg gagal yang stres, yakni Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Grogol, Jakarta Barat dan RSUD Duren Sawit, Jakarta Timur. Well, selama niat menjadi caleg hanya untuk mengejar jabatan, kekuasaan, dan uang, rasanya nggak perlu heran jika setiap kali Pemilu jumlah caleg stres akan meningkat. Walaupun tidak bisa dipungkiri masih banyak pemilih yang bisa “dibeli” suaranya, tapi setiap periode juga bertambah pemilih cerdas yang mampu memberikan pendapat pribadi mereka di bilik suara tanpa terpengaruh oleh godaan berbagai sogokan.

Saatnya jadi pemilih cerdas, Fimelova. Memilih untuk tida memilih juga merupakan hakmu sebagai warga Negara. Tapi, jangan sampai suaramu dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab! 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading