Sukses

Entertainment

Eksklusif, Raditya Dika Bersama Cinta Laura Buat Film Target Berbeda

Fimela.com, Jakarta Film Target akan menjadi salah satu hiburan yang berbeda di momen libur lebaran 2018. Film produksi Soraya Intercine Films ini merupakan besutan Raditya Dika. Dika yang merangkap peran sebagai pemain sekaligus sutradara dalam film berjudul Target juga menyiapkan kejutan dengan mengajak Cinta Laura bergabung di film ini.

*******

Kenapa berbeda? Karena sejak berkarir di Hollywood, sudah 8 tahun Cinta tak pernah bermain di film Indonesia. Penggemar Cinta tentu antusias menanti film ini tayang.

Selain menggaet Cinta Laura, Dika juga mengajak Willy Dozan, Yayan Ruhiyan, Rommy Rafael, dan Samuel Rizal untuk bergabung di film ini. Bukan persoalan mudah pastinya, karenanya Raditya Dika mengaku sangat deg-degan menjelang tayang dalam waktu dekat ini.

Ada banyak tantangan yang harus dilalui oleh Raditya Dika ketika menggarap film ini. Salah satunya ketika dirinya harus mengarahkan beberapa pemeran yang lebih berpengalaman darinya.

Dalam teaser yang dirilis baru-baru ini, Raditya Dika membukanya dengan adegan terbangun di sebuah ruangan yang masih misterius. Mengenakan pakaian yang serba putih, Raditya Dika bukan satu-satunya orang di ruangan tersebut.

Semuanya bingung, sampai akhirnya ada suara yang mengagetkan berasal dari layar televisi yang bertuliskan target. Suara tersebut mengatakan bahwa semua orang yang berada di ruangan sedang berada dalam permainan yang akan menentukan nasib mereka ke depannya. Tak main-main, karena nyawa bisa menjadi taruhannya.

Ini memang genre anyar yang digarap oleh Raditya Dika. Ia pun mengungkap bagaimana perbedaan antara film ini dengan film-film yang digarap oleh Raditya Dika sebelumnya. Apa saja tantangan Raditya selama menggawangi film ini?

"Ini film Target tentang sembilan orang yang diundang untuk shooting film, tapi ternyata malah dijebak di sebuah gedung terus mereka harus melakukan serangkaian game ini untuk bisa bertahan hidup," tutur Raditya Dika ketika bertandang ke kantor Bintang.com, di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (2/5/2018).

Rangkap Tiga Kerjaan

Selain berperan dan menjadi sutradara, dalam film yang diproduseri Sunil Soraya ini Raditya Dika juga merangkap sebagai penulis naskah. Ada tantangan tentunya, namun di balik itu dirinya juga senang karena mendapatkan gaji 3 orang.

Bagaimana tantangan kamu jalani tiga peran di film Target?

Di film ini saya sebagai penulis naskah, sutradara, dan berperan sebagai sisi lain diri saya sendiri. Kalau gue sih dari awal pekerjaannya penulis, justru setelah jadi penulis baru ikut ke layar lebar. Lebih enak lagi karena gajinya tiga.

Dari trailer yang disajikan, genre aksi, thriller serta komedi dicampur menjadi satu bagian seperti film kamu sebelumnya. Apa yang membuat film ini berbeda?

Bedanya disini nggak serta merta film keluarga ya karena ada actionnya karena ada tembak-tembakannya jadi mudah-mudahan kita bisa jadi film yang beda antara film-film yang lalu.

Banyak orang menyangka bahwa film Target kurang lebih mirip dengan film Hunger Games yang diperankan oleh aktris Jennifer Lawrence. Menurutmu?

Soal Hunger Games dan lainnya ini beda. Ini film komedi, akan berbeda banget.

Inspirasinya dari mana?

Banyak kalau gue. Gue biasanya kalau lagi ngapain gue jadiin film, nah kemaren tuh lagi sering main game Fire Underground, tembak-tembakan di satu pulau gitu. Tentang sekelompok orang terjebak gitu kan akhirnya jadi referensi jadilah film ini.

Kamu juga menggunakan senjata api asli untuk pengambilan gambar. Bagaimana ceritanya?

Penggunaan senjata asli itu hanya close-close gitu. Tembak-tembakan kita tidak ada hubungannya sama peluru, penggunaan yang asli cuman shoot detil aja. Pas mau diambil gambar, dikasih tahu bahwa ini aman, tidak ada pelurunya.

Ada pengalaman unik saat pakai senjata api beneran?

Ada, pas syuting kan kita nggak bisa sembarangan pakai senjata api. Ada pendamping dari Polisi. Sebelum pengambilan adegan itu sudah berkali-kali diperlihatkan kalau senjatanya sudah kosong.

Jadi kita lihat sudah tidak ada pelurunya. Tapi pas syuting masih saja pada takut mati karena kena peluru. Maklum nggak pernah tahu pistol asli sebelumnya.

Alasan rilis saat Lebaran?

Lebaran kan biasanya diidentikkan dengan film keluarga atau religi. Mudah-mudahan jadi film Lebaran yang berkesan. Saya bisa menjamin, pengalaman nonton film ini bermain yang mengasyikan. Jadi ini yakin jadi tontonan lebaran yang seru dan terbawa sama jalan ceritanya.

Keterlibatan Cinta Laura

Raditya Dika banyak melempar pujian kepada Cinta Laura yang terlibat di film Target. Bersama Cinta Laura, Raditya Dika mengungkap bagaimana awal kerjasamanya dengan wanita yang tengah berjuang menekuni karir di Hollywood tersebut.

Bagaimana awalnya Raditya menawarkan film Target ke Cinta?

Ketemu Cinta itu pas dia kebetulan lagi libur ke Indonesia. Kita sempet ngobrol, terus gue tawarin mau ikut film baru nih, terus dia tertarik gitu. Dia minta skenario dan mau baca dulu.

Setelah membaca skenario dia tertarik buat ikut gabung. Jadi disesuaikanlah jadwalnya untuk syuting film target di Indonesia.

Mengapa mengajak Cinta?

Cinta memiliki karakter yang cocok untuk berperan dalam film yang bergenre aksi ini. Dan karakter setelah dimainkan Cinta cocok banget.

Bagaimana kesan main bareng Cinta Laura?

Cinta Laura itu profesional banget. Dia visioner banget jadi senang kerjasama sama dia. Bahkan dia lebih hafal skenario dan adegan ketimbang tim produksi termasuk saya.

Dinamika bekerja dengan banyak orang ya, kebetulan Cinta profesional. Sampai lokasi syuting udah siap dan sangat-sangat rapih semua dengan pekerjaan dia, dia mau membantu banget.

Satu hal yang membuktikan Cinta Laura adalah sosok profesional adalah kemauannya secara maksimal untuk melakukan eksplorasi sesuai karakter. Ada latihan menembak juga saya dan Cinta Laura.

Bentuk totalitas Cinta Laura seperti apa?

Cinta nggak mau pakai stunt man meskipun banyak adegan berbahaya yang mesti dilakukannya. Timnya kang Yayan Ruhian penginnya Cinta pakai silikon di tangan biar gak sakit, karena kan ada adegan mukul. Tapi Cinta bilang nggak usah, dan besoknya biru-biru semua. Meski sakit, dia tetap semangat syuting.

Raditya Dika menjamin Target adalag film ini adalah film yang seru, menarik dan akan jadi pengalaman yang mengasyikkan. Tak hanya menampilkan pemain top seperti Cinta Laura, Dika bahkan menggandeng Yayan Ruhian sebagai penata adegan fighting untuk membuktikan dan menunjukkan keseriusannya dalam membuat film Target.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading