Editor Says: Antara Perselingkuhan, Kekerasan dan Depresi

Regina Novanda26 Mei 2018, 13:00 WIB
[Bintang] Selingkuh

Bintang.com, Jakarta Belakangan, publik dikejutkan oleh sebuah video yang menunjukkan seorang ibu di Kalimantan Timur tega melukai anaknya. Sang anak yang diketahui masih balita itu terlihat dipenuhi darah di wajahnya. Ia pun terus mendapat cacian dari ibundanya yang tengah tersulut emosi.

Usut punya usut, sang ibu tega menyiksa anaknya karena perangai suaminya. Ya, wanita tersebut kabarnya telah diselingkuhi oleh sang suami. Entah apa yang menjadi alasannya, ia kemudian mengunggah video penganiayaan pada anaknya di media sosial hingga kini menjadi viral.

Ilustrasi Kekerasan Pada Anak
Ilustrasi Kekerasan Pada Anak (iStock Photo)

Sungguh sangat disayangkan. Sang ibu yang tak diketahui namanya itu pun kabarnya telah dibawa ke aparat berwajib. Namun, tak ada penahanan. Wanita tersebut hanya diminta wajib lapor atas perbuatan teganya menyiksa buah hati.

Video wanita menyiksa anak balita tersebut kini sudah disaksikan jutaan pasang mata. Tak sedikit yang mengecam aksi wanita tersebut. Kalimat cacian dan umpatan pun kini mengarah ke wanita yang berdomisili di Berau tersebut.

Ada yang mengecam, ada pula yang mencoba bersikap netral. Belajar dari pengalaman, mereka yang pernah mengecap penyiksaan sewaktu dini itu mencoba melihat kondisi dalam video tersebut dari sudut pandang berbeda. Tak menghakimi, mereka mencoba menelaah tentang perselingkuhan yang dialami sang ibu.

2 of 4

Tentang perselingkuhan

Ilustrasi Selingkuh, Pelakor
Ilustrasi Selingkuh, Pelakor (iStockphoto)

Hati wanita mana yang tak rapuh melihat perselingkuhan suami. Apalagi jika perselingkuhan itu melibatkan orang sekitar. Sungguh sakit, bukan?

Seorang teman pernah berkata, 'Perselingkuhan adalah dosa terberat dalam sebuah hubungan'. Awalnya saya tak begitu setuju. Bagi saya, masih ada pintu maaf untuk pasangan. Toh Tuhan juga Maha Pemaaf, bukan? Tapi... jika perselingkuhan itu sudah terjadi berkali-kali, apakah masih bisa termaafkan?

[Bintang] Ngaku Lagi di Rumah Ngerjain Tugas, Cowok Ini Memergoki Pacarnya Selingkuh
Sebaik-baiknya kamu menyimpan rahasia, pasti akan terbongkar juga. Itulah yang dialami sama cewek yang tega menyelingkuhi pacarnya ini. (Ilustrasi: msecnd.net)

Semua tergantung pribadi masing-masing. Bagi saya, perselingkuhan terjadi karena dua pihak membukakan pintu untuk sekedar singgah. Jika persinggahan itu membuat nyaman, maka hati lain lah yang harus dikorbankan.

'Siap jatuh cinta maka siap untuk patah hati'. Ya, tapi kalau kamu sudah berani berkomitmen pada istrimu untuk sehidup semati, mengapa tidak mencoba setia? Janji yang kamu ucapkan bukan hanya di antara kalian berdua saja, tapi juga keluarga serta Tuhan.

3 of 4

Tentang kekerasan

Ilustrasi kekerasan
Ilustrasi kekerasan (iStockPhoto)

Kekerasan pada anak sejatinya tak akan pernah dibenarkan. Apapun alasannya, anak tak selayaknya menjadi tempat menumpahkan amarah akan beban hidup. Terlebih, jika anak tersebut masih di bawah umur, tentunya akan menimbulkan trauma dan bekas luka yang amat dalam.

Ibu memang selayaknya malaikat tanpa sayap. Namun, sebagai manusia biasa, setiap ibu di dunia ini pasti memiliki kekurangan. Bagi mereka yang tega melakukan kekerasan pada anak, mungkin belum cukup pandai dalam menahan ego. Rasa marah yang amat besar bisa saja membuat seorang ibu gelap mata pada anak-anaknya hingga jadi korban kekerasan.

Jauh di lubuk hati seorang ibu, mereka tentu merasa bersalah pada anaknya setelah melakukan kekerasan. Kekerasan yang dilakukan bisa jadi hanya bentuk 'mencari perhatian' atau luapan amarah setelah diselingkuhi oleh suami.

4 of 4

Tentang Depresi

[Bintang] Editor Says: Apakah Saya Depresi?
Jangan pernah sepelekan masalah depresi. (Ilustrasi: saintluxx.com)

Depresi menjadi hal yang tak dapat begitu saja disepelekan. Setiap orang tentunya memiliki tingkat depresi yang berbeda-beda. Dari kasus ibu dari Kalimantan Timur yang tega menyiksa anaknya itu kita bisa belajar, bahwa perselingkuhan bisa menyebabkan seorang wanita melakukan kekerasan meski pada anak kandungnya sendiri, hingga paling parah depresi.

Menurut saya, menghakimi orang yang tengah depresi tak ubahnya seperti mengubah susunan kapas saat angin kencang. Bukan disalahkan, seseorang yang menderita depresi semestinya dirangkul. Semua masalah tentunya bisa diselesaikan, walau terkadang harus ada air mata dan amarah yang dilalui.

Hubungan Ibu dan Anak Perempuan
Ilustrasi Foto Ibu dan Anak Perempuan (iStockphoto)

Sebagai anak, kita sudah selayaknya memuliakan orangtua. Ketika orangtua depresi nasib rumah tangga, anak yang sudah cukup usia sebaiknya merangkul mereka. Jikalau mereka pernah melakukan kekerasan, memaklumi dan memaafkan menjadi jalan terbaik.

Mungkin akan banyak yang tak sependapat, tapi bagi saya orangtua adalah segalanya yang ada di bumi. Tanpa mereka, kita tak akan pernah ada di dunia ini. Rasa sakit yang diderita seorang ibu saat mengandung hingga melahirkan, mungkin tak akan bisa terganti oleh apapun yang kamu punya sekarang. Berbakti pada orangtua, dan memaafkanlah kesalahannya. Mohon maaf jika ada salah kata dari tulisan ini.

 

Regina Novanda,

 

Editor Celeb Bintang.com

Lanjutkan Membaca ↓
Ayudia Bing Slamet (Andy Masela/bintang.com)
2Y Ago

Perubahan besar terjadi pada diri Ayudia Bing Slamet setelah ia menjadi seorang ibu.

Selengkapnya
Ayudia Bing Slamet (Andy Masela/bintang.com)
The Conjuring 2. foto: the guardian
2Y Ago

Hantu Valak alias The Nun di film The Conjuring 2 akan dibuatkan film sendiri (spin-off).

Selengkapnya
The Conjuring 2. foto: the guardian
Tak hanya itu, para penggemar Grimmie pun menganggap bahwa sebuah tulisan itu adalah pesan singkat dari alam kubur yang sangat mengerikan. (AFP/Bintang.com)
2Y Ago

Bernasib seperti Selena yang meninggal dunia di usia muda, Christina Grimmie pantas dibuatkan film.

Selengkapnya
Tak hanya itu, para penggemar Grimmie pun menganggap bahwa sebuah tulisan itu adalah pesan singkat dari alam kubur yang sangat mengerikan. (AFP/Bintang.com)
Terlihat kegembiraan para ibu-ibu, yang hadir dalam sindang lanjutan Saipul Jamil tersebut. Untuk mempercepat kasusnya, sidang dilakukan tiga kali dalam sepekan. (Deki Prayoga/Bintang.com)
2Y Ago

Kuasa hukum DS, korban pelecehan seksual yang dilakukan oleh Saipul Jamil mengaku masih belum puas.

Selengkapnya
Terlihat kegembiraan para ibu-ibu, yang hadir dalam sindang lanjutan Saipul Jamil tersebut. Untuk mempercepat kasusnya, sidang dilakukan tiga kali dalam sepekan. (Deki Prayoga/Bintang.com)
Kira-kira apa yang dibisikkan Taylor Swift pada Calvin Harris? (via dailymail.co.uk)
2Y Ago

Pasca putus dari Calvin Harris, apakah Taylor Swift akan kembali curhat lewat lagu?

Selengkapnya
Kira-kira apa yang dibisikkan Taylor Swift pada Calvin Harris? (via dailymail.co.uk)