5 Vokalis Band yang Miliki Project Solo, Siapa Saja?

Putu Elmira10 Jul 2018, 15:08 WIB
[Bintang] 5 Vokalis Band yang Miliki Project Solo, Siapa Saja?

Bintang.com, Jakarta Karier yang dibangun sebuah band selama puluhan tahun tentu menghadirkan banyak cerita, kenangan, juga pencapaian. Namun di sisi lain, tidak sedikit dari personel band yang memiliki hasrat untuk menyalurkan musik dalam sebuah project solo, tidak terkecuali dengan sang vokalis.

Mereka menuangkan gagasan dan musikalitas diri yang tidak dapat disampaikan dalam band. Membangun project solo kemudian menjadi salah satu di antara beberapa opsi yang dapat dijalankan untuk tetap berkarya.

[Bintang] Eksklusif Virgoun C1
Virgoun (Photographer: Adrian Putra/Bintang.com, Stylist: Indah Wulansari/Bintang.com, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Tanpa meninggalkan band yang telah dijalankan, para vokalis ini hadir dengan konsep dan tema berbeda dalam karya solonya. Project yang mereka luncurkan sekaligus sebagai cerminan dari sisi lain mereka dalam bermusik.

Project solo para vokalis band ini memberikan suguhan berbeda-beda dalam karya mereka. Ada yang berbicara tentang cinta, mendedikasikan lagu untuk istri dan anak, hingga dijadikan inspirasi dalam penggarapan film.

Lantas, siapa saja 5 vokalis band yang juga memiliki project solo? Yuk, simak bersama rangkuman selengkapnya seperti berikut ini.

1. Armand Maulana

[Bintang] Eksklusif Armand Maulana A3
Armand Maulana (Photographer: Bambang E. Ros/Bintang.com, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com, Stylist: Indah Wulansari/Bintang.com)

Perjalanan Armand Maulana sebagai vokalis GIGI telah terjalin 24 tahun lamanya. Selama itu pula, band pelantun Janji tersebut telah mencetak banyak hits dan dikenal sebagai salah satu band legendaris dari era 90-an. Seiring berjalannya waktu, tidak sedikit fans yang meminta Armand untuk bersolo karier.

Mengeksplorasi project solo akhirnya dilakukan Armand untuk kesehatannya berkarya. "Kalau saya memaknai solo karier untuk kesehatan saya berkarya dengan GIGI dan dengan diri sendiri karena tidak bagus apapun yang ditahan itu tidak bagus, tidak sehat," ungkap Armand kepada Bintang.com.

Suami Dewi Gita ini telah meluncurkan empat buat single solo. Adapun keempat single solo tersebut adalah Hanya Engkau Yang Bisa (2016), Sebelah Mata (2016), Tunggu Di Sana (2017), dan Terluka (2018).

2. Virgoun

[Bintang] Sounds of Bintang Virgoun A1
Virgoun (Photographer: Adrian Putra/Bintang.com, Stylist: Indah Wulansari/Bintang.com, Digital Imaging: Nurman Abdul Hakim/Bintang.com)

Debut single solo vokalis band Last Child, Virgoun bertajuk Surat Cinta untuk Starla begitu fenomenal sepanjang tahun 2017 lalu. Single yang ia persembahankan untuk sang buah hati, Starla, ini menjadi awal yang manis dalam project solo karier yang ia jalani di luar kegiatan ngeband.

Saking populernya, lagu Virgoun tersebut sampai dibuat Surat Cinta untuk Starla the Movie yang dibintangi oleh Jefri Nichol dan Caitlin Halderman. Pasca pencapaian luar biasa tersebut, Virgoun kembali berkarya dan merilis single solo kedua, Bukti pada September 2017, sebuah lagu yang ia ciptakan untuk sang istri, Inara. Ia bersama Last Child juga kolaborasi di single religi pertama, Maha Pemilik Hati (2018).

3. Nino RAN

[Bintang] Nino RAN
Nino RAN (Foto: Bintang.com/Bambang E.Ros, Digital Imaging: Bintang.com/Nurman Abdul Hakim, Wardrobe: @earlyadopter)

Selain berkarya bareng RAN, sang vokalis Nino juga memiliki project musik solo. Ia memperkenalkan single solo pertamanya, Benar Nyata pada Oktober 2017 lalu. Tidak sendiri, Nino turut menggandeng Nagita Slavina sebagai rekan duet.

Di sisi lain, eksplorasi musikalitas juga Nino terapkan bersama Laleilmanino. Adalah trio musisi yang digawangi oleh Nino RAN, Lale dan Ilman Maliq & D'Essentials, di mana mereka kompak bersatu sebagai pencipta lagu dan produser.

4. Naga Lyla

[Bintang] Naga Lyla
Naga Lyla (Foto: Adrian Putra/Bintang.com)

Indra Perdana Sinaga atau yang akrab disapa Naga selama ini dikenal sebagai vokalis band Lyla. Setelah 12 tahun mengarungi perjalanan musik bareng bandnya, Naga merilis single solonya yang bertajuk Menikmati Cinta pada April 2018. Adapun single ini, Naga persembahkan untuk istri tercinta, Feby Rizky Andhika.

"Aku pengen single solo ini menjadi satu lagu yang bisa aku dedikasikan untuk istriku dan nggak mau nulis sendiri karena takut nyerempet dengan nada-nada atau notasi yang biasa dibawakan sama Lyla," jelas Naga Lyla kepada Bintang.com.

5. Ariyo Wahab

[Bintang] Eksklusif Ariyo Wahab
Ariyo Wahab (Foto: Bambang E. Ros/Bintang.com)

Ariyo Wahab tidak hanya dikenal sebagai frontman band The Dance Company. Ia juga sempat memperkenalkan project solonya di luar band. Ariyo sendiri telah meluncurkan single solo bertajuk Berikan Waktu pada November 2017.

Lagu Berikan Waktu sendiri diciptakan oleh Topan Tofano dan Satrio Alexa serta gitar yang diisi oleh rekannya di The Dance Company, Baim. Ariyo memilih lagu ini sebagai single pertama untuk menjalankan rencananya di album solo yakni kisah perjalanan cintanya dengan sang istri, Milasari Wardani dari pacaran hingga saat ini.

Nah, itu dia 5 vokalis band yang juga memiliki project solo. Mana di antara kelima vokalis di atas yang karyanya mencuri perhatian kalian?

Lanjutkan Membaca ↓