Sukses

Entertainment

Keren, Para Solois Muda Ini Ciptakan Lagu Sendiri

Fimela.com, Jakarta Semakin terbukanya persaingan di industri musik jadi tuntutan tersendiri bagi para pelakunya. Solois misalnya, mereka tak hanya harus memiliki kualitas vokal yang bagus, tapi juga kemampuan 'plus' lainnya.

Di era 90an mungkin lebih banyak penyanyi yang hanya fokus menyanyikan lagu. Sementara karya yang mereka bawakan biasanya ditulis oleh musisi hebat lain.

Namun di era sekarang, kemampuan menulis lagu jadi sesuatu yang penting bagi para penyanyi. Selain bisa menyalurkan bakat, emosi yang dimaksud akan bisa lebih terwakili dan tersampaikan.

Belakangan Indonesia memang dipenuhi para solois muda yang bertalenta. Siapa saja para penyanyi solo yang menciptakan lagu sendiri? Intip daftarnya yuk.

Raisa

Awalnya Raisa diprediksi menjadi penyanyi sebagaimana mestinya, yang fokus mendeliver sebuah lagu dengan baik. Di album pertama ia pun bekerjasama dengan beberapa musisi dan komposer.

Namun lama kelamaan Raisa makin banyak terlibat di penggarapan lagu. Alhasil album Handmade jadi bukti bahwa Raisa terus berkembang dan berpotensi jadi penulis lagu andal. 

Isyana Sarasvati

Tak lama setelah Raisa menjadi penyanyi tersukses, muncul bakat baru bernama Isyana Sarasvati. Orang pun langsung menyandingkan Raisa dan Isyana, bahkan tak sedikit yang menganggap mereka saling bersaing.

Namun bedanya Isyana sejak awal memang diketahui memiliki musikalitas tinggi. Mahir memainkan piano dan mempelajari musik klasik, Isyana sudah terbiasa membuat lagu, aransemen dan komposisi. Kariernya pun bertahan terus dengan kualitasnya sebagai musisi sekaligus penyanyi.

Tulus

Suara lantang tapi lembut menjadi karakter vokal Tulus. Kedatangannya di industri musik mendobrak batas antara penyanyi label dan indie, yang menjadikannya unik.

Lagu-lagu yang ia tulis cenderung berbeda untuk kategori musik mainstream. Tutur katanya pun unik dan membuat lagu ciptaannya mengena di hati para pendengar. Hingga kini ia masih aktif menulis lagu, salah satunya dengan Ari Renaldi yang sudah tersohor di kalangan musisi.

Kunto Aji

Pertama dikenal publik berkat image-nya sebagai jebolan ajang pencarian bakat, Kunto Aji membawa sesuatu yang berbeda. Spirit bermusik yang lebih independen menjadikannya salah satu kreator musik yang layak diapresiasi.

Kesuksesan Terlalu Lama Sendiri membuat Aji semakin pede untuk menggarap lagu sendiri. Meski sulit dan butuh waktu lama, Kunto Aji tetap berusaha mempertahankan idealismenya, yang bakal jadi daya tarik untuk album kedua yang sedang ia persiapkan.

Yura Yunita

Terakhir ada Yura Yunita, yang juga pernah mengikuti talent show di televisi. Justru namanya mulai dikenal bukan dari sana, melainkan duetnya dengan Glenn Fredly yang mampu membuat orang baper, Cinta dan Rahasia.

Piano juga menjadi instrumen yang familiar bagi penyanyi asal Bandung ini. Hal itu pun ia manfaatkan untuk membuat karya lagu, dan berhasil dinikmati masyarakat luas hingga saat ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading