Vino G. Bastian: Pembajak Merusak Ekosistem Industri Kreatif

Rivan Yuristiawan08 Agu 2018, 21:50 WIB
[Bintang] Vino G. Bastian

Bintang.com, Jakarta Vino G. Bastian menjadi duta anti pembajakan film di Indonesia. Sebagai orang yang sudah cukup lama berkecimpung di industri kreatif, suami dari Marsha Timothy itu tahu betul bagaimana pelaku pembajakan merusak industri yang tengah berkembang.

Pemain film Wiro Sableng ini pun tak ragu menyebut oknum yang membajak film sebagai benalu ditengah perjuangan para pelaku industri kreatif membuat sebuah karya.

"Saya tahu sekali bagaimana perjuangan temen-temen membuat sebuah karya yang luar biasa dan kita harus menjaga ekosistemnya, gimana Industri kreatif mau maju kalau ekosistem dipenuhi benalu seperti pembajak-pembajak," ungkap Vino G. Bastian di Plasa Indonesia, kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (7/8/2018).

[Bintang] Vino G. Bastian
Peluncuran Kampanye Anti Pembajakan Film (Nurwahyunan/bintang.com)

Guna memerangi pembajakan, tak cukup untuk mengandalkan pemerintah. Menurut Vino, pelaku industri kreatif juga perlu berperan aktif untuk mengampanyekan perlawanan terhadap pembajakan.

"Pembajakan itu tidak bisa dilakukan sendiri. Kita ini orang-orang yang ada di depan layar, aktor yang punya banyak penggemar yang bisa menjadi orang terdepan untuk paling tidak mensosialisasikan bahwa pembajakan adalah suatu kejahatan," paparnya.

Yang kini menjadi perhatian dari ayah satu anak itu adalah maraknya pembajakan di sosial media dan melalui saluran streaming ilegal. Hal tersebut menurutnya bisa mematikan industri kreatif yang saat ini tengah berkembang pesat.

"Kalau misalnya pembajakan berjalan terus, Industri kreatif mandek, film-film yang dibuat segitu-segitu aja, susah bikin produksi yang lebih besar lagi karena habis oleh pembajakan. Akhirnya kita akan mati dan para pekerja akan terpuruk," pungkas Vino G. Bastian.