Sukses

Entertainment

Nikmatnya Suguhan Musik di Ubud Village Jazz Festival 2018

Fimela.com, Jakarta Hangatnya suasana tropis Bali berpadu cantik dengan musik di Ubud Village Jazz Festival. Mengusung tema “Freedom of Expression”, UVJF tahun ini kembali menghadirkan musisi-musisi Jazz ternama dari dalam dan luar negeri.

Musik jazz tidak selalu ditampilkan di gedung-gedung mewah. Dengan mengambil tempat di ARMA Resort & Museum Ubud, Gianyar yang menyajikan arsitektur tradisional Bali dikelilingi dengan taman-taman tropis, festival ini berkomitmen untuk menghasilkan serangkaian pertunjukkan Jazz yang unik dan berkarakter.

Tahun ini merupakan kali keenam Ubud Village Jazz Festival terselenggara. Ada tiga panggung pertunjukkan yang mengusung tema berbeda. Pertama panggung Padi, kedua Panggung Giri, dan ketiga Panggung Subak.

Hari pertama gelaran UVJF 2018 (10/18) sangat ramai dipadati wisatawan asing maupun domestik. Sejak sore hari, loket tiket telah ramai dipadati pengunjung. Mereka tampak antusias dan santai menunggu antrian panjang tiket. Akses masuk yang luas dan nyaman memberikan kemudahan bagi pengunjung terutama informasi acara dan lokasi panggung, terutama bagi mereka yang baru pertama kali ke ARMA.

Alunan suara Emilia Schnall diiringi Panji Baskoro Trio menjadi musik pembuka pada festival kali ini dan mendapat sambutan meriah dari penonton. Partisipasi musisi jazz asal Melbourne, Australia ini sebagai bagian dari dukungan Future Leaders di bidang kebudayaan.

Pesta Bintang

Disusul kemudian dengan penampilan dari Insula yang berkolaborasi dengan perkusi asal Medan, Affan Latanette yang semakin menambah kemeriahan festival malam itu. Lantunan mix aransemen agu bergaya Brazil, Algeria dan Mediterania disuguhkan secara khas oleh band yang didukung oleh Institue Francais Indonesia ini.

Ade Irawan, pianist jazz tuna netra, kebanggaan Indonesia, yang telah berkali-kali mendapatkan penghargaan MURI (Museum Rekor Indonesia) dan sederet penghargaan di luar negeri, tampil bersama Yuri Mahatma, co founder UVJF, dalam konsep Ade Irawa “Good Fellas”. Penampilan apik ini mendapatkan apresiasi yang tinggi dari segenap penonton yang hadir.

Di samping itu pula, festival jazz tadi malam menghadirkan sederet musisi jazz kenamaan lainnya seperti Judith Nijland (Belanda) yang berkolaborasi dengan Astrid Sulaiman,Triple Ace - Colours in Jazz yang didukung oleh Kedutaan Austria, MLD Jazz Project Season 3, Pramono Adi Pamungkas, Nitaa Aarsen Eurasian Project bersama Olaf Keus (Belanda) dan Dian Pratiwi.

 

Aksi Idang Rasjidi

Idang Rasjidi Syndicate menjadi band penutup UVJF 2018. Idang tampil bersama musisi-musisi belasan tahun asal Lampung yang sangat berbakat. Walaupun begitu, Band ini menyuguhkan music jazz yang sangat berkelas melampaui umur musisinya yang masih muda belia.

Acara malam tadi dipadati ribuan wisatawan asing dan domestik. Capaian ini sesuai dengan yang ditargetkan penggagas Ubud Village Jazz Festival Yuri Mahatma dan Anom Darsana. Sebanyak 3.500 pengunjung dapat hadir pada gelaran musik yang berlangsung dari 10-11 Agustus 2018 di Agung Rai Museum of Art (ARMA), Ubud, Kabupaten Gianyar. Hujan yang sempat mengguyur, tidak menyurutkan semangat penonton dan musisi untuk bersama-sama menikmati UVJF.

Dukungan dari semua pihak baik swasta maupun pemerintah, termasuk BEKRAF turut memberikan manfaat positif dalam perhelatan jazz internasional ini. Puluhan booth makanan, minuman dan kerajinan khas Bali, yang didukung oleh Kementrian Koperasi dan UMKM, turut ambil bagian dalam memeriahkan UVJF 2018.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading