Wulan Guritno sosialisasikan bahaya dan pencegahan kanker serviks

Rivan Yuristiawan02 Okt 2018, 08:00 WIB
[Fimela] Wulan Guritno

Fimela.com, Jakarta Aktris Wulan Guritno termasuk satu selebritas yang peduli tentang bahaya kanker serviks. Tak jarang, ia pun kerap membagikan ilmu serta berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang penyakit yang banyak menyerang wanita tersebut.

Seperti yang terjadi pada Sabtu (29/9/2018) saat ibu tiga anak itu menjadi salah satu pembicara tentang bahaya kanker serviks dalam sebuah wedding expo yang digelar di Balai Kartini, Jakarta Selatan. Wulan Guritno pun menyampaikan hal tersebut didepan para pasangan yang tengah merencanakan pernikahan.

[Fimela] Wulan Guritno
Peduli bahaya kanker seviks, Wulan Guritno sosialisasikan bahaya dan cara pencegahannya. (Deki Prayoga/Fimela.com)

Menurut wanita 38 tahun itu, sosialisasi terhadap bahaya kanker serviks memang harus terus dilakukan. Hal tersebut tentunya bertujuan untuk menggugah kesadaran publik akan bahaya yang mengancam.

"Kalau upaya itu kan nggak bisa cuma sekali ya, harus terus-terusan, saling mengingatkan. Terus di event seperti ini kalau ada talkshow yang berkenaan, kalau ada media untuk membahas jaga kesehatan ataupun mencegah kanker serviks, ya itu dilakukan. Kayak gini di wedding expo kan banyak yang mau nikah, ya gimana menjadi pasangan yang sehat, sehat saat menikah, punya keturunan yang sehat juga, Insyaallah," ujar Wulan Guritno.

Wulan Guritno beberkan pentingnya vaksinasi

[Fimela] Wulan Guritno
Peduli bahaya kanker seviks, Wulan Guritno sosialisasikan bahaya dan cara pencegahannya. (Deki Prayoga/Fimela.com)

Istri dari Adilla Dimitri itu juga mengatakan, masyarakat, khususnya kaum perempuan saat ini sudah harus lebih peduli terhadap resiko kanker serviks. Salah satu cara pencegahan yaitu dengan selalu menerapkan pola hidup sehat.

"Intinya adalah kita sebagai perempuan jangan nyalahin orang lain, hanya kitalah yang bisa menjaga tubuh dan diri kita. mencegah kanker serviks adalah pola hidup sehat, dari olahraga, makanan, tidur cukup, kemudian periksa berkala," terangnya.

Satu hal lain yang juga tak kalah penting dari pencegahan infeksi kanker serviks adalah melakukan vaksinasi. Menurut Wulan Guritno, melakukan suntik vaksin HPV guna pencegahan kanker serviks sudah selayaknya dilakukan oleh kaum perempuan agar bisa menghindari diri dari virus yang mematikan tersebut.

"Ini serviks adalah dari virus, sudah ada vaksinnya, kenapa nggak kita suntik HPV, itu. Terakhir kita harus jaga higienis alat kelamin kita," pungkas Wulan Guritno

Lanjutkan Membaca ↓