Sekar, film pendek tentang batik yang dibintangi Christine Hakim

Syifa Ismalia03 Okt 2018, 19:45 WIB
[Fimela] Christine Hakim

Fimela.com, Jakarta Buat pertama kalinya, aktris senior Christine Hakim bermain di film pendek. Film bertajuk Sekar tersebut diproduseri Happy Salma ini dibuat dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober.

Film Sekar yang disutradarai Kamila Andini ini mengangkat kisah seorang perempuan buta bernama Sekar yang menjadikan batik buatan ibunya sebagai seluruh dunianya. la mencintai seluruh bagian dari batik tanpa pemah melihatnya. Setiap kali ibunya membuat batik dengan canting dan lilin, ia selalu ada di samping ibunya untuk mencium bau lilin, bau pewarna, suara kibaran kain, suara kompor dan cap.

[Bintang] Happy Salma
(Bambang E.Ros/Bintang.com)

Lalu lbunya akan memintanya duduk di depannya membiarkan Sekar meraba lilin yang telah ia tempelkan dan Sekar akan menebak motif tersebut. Semua tentang batik adalah harmoni bagi Sekar.

Dunia adalah batik untuk Sekar dan ibunya.Sampai akhirnya Sekar bertemu dengan seorang pria pembuat perak yang membuatkannya motif batik. Pria itu menghidupkan batik dengan cara yang Iain.

[Bintang] Happy Salma
(Bambang E.Ros/Bintang.com)

lbu Sekar sangat mengkhawatirkan hubungan mereka, dan ingin terus menjaga Sekar seperti ia menjaga batik tulisnya. Tapi Sekar bukan sehelai kain, ia ingin menjaga batik dengan caranya sendiri. Lewat sebuah kain bermotif kawung, Ibu Sekar memanjatkan doa dan harapannya.

Selain Christine Hakim, ada nama Sekar Sari dan Marthino Lio yang juga terlibat di film Sekar. Film pendek bertemakan batik ini sudah disaksikan melalui kanal YouTube Indonesia Kaya.