Sukses

Entertainment

Rudy Wowor dikenal lewat film Tjoet Nja Dhien dan Ayat Ayat Cinta

Fimela.com, Jakarta Salah satu aktor terbaik Indonesia, Rudy Wowor meninggal dunia di usia 74 tahun di hari ini, Jumat (5/10) pagi. Rudy dikabarkan meninggal dunia karena sudah lama terbaring sakit komplikasi.

Semasa hidupnya, pemilik nama lengkap Rudolf Canesius Soemolang Wowor ini termasuk artis multitalenta. Ia tak hanya dikenal sebagai aktor film tapi juga teater, sinetron dan juga berprofesi sebagai penari dan penulis. Ia juga beberapa kali menjadi model iklan. Rudy Wowor selalu tampil total baik saat bermain film, teater maupun sinetron.

Aktor blasteran Belanda-Manado ini mengawali karier di dunia akting sejak tahun 1970-an. Film-film terkenal yang pernah dibintanginya antara lain Impian Perawan (1976), Aladin (1980), Tjoet Nja' Dhien (1988) dan Soerabaia '45 (1990).

Rudy pernah masuk nominasi Aktor Pendukung Terbaik FFI 1988 melalui film Tjoet Nja' Dhien. Aktingnya sebagai orang Belanda memang sangat menonjol di film yang dibintangi Christine Hakim tersebut. Dengan aksen Belanda yang masih kental, Rudy Wowor memang sering kebagian peran sebagai orang Eropa.

Peran serupa juga pernah dilakoninya di film Kartini (2017), saat ia berperan sebagai Sijthoff. Film lainnya yang cukup menonjol adalah Ayat Ayat Cinta yang menjadi film terlaris di tahun 2008.  Rudy Wowor juga seorang penulis.  Pria yang menguasai tujuh bahasa asing ini pernah menjadi penulis di majalah mode Elle.

Di bidang akting, penampilan terakhir Rudy Wowor bisa lihat di film Sweet 20 yang dibintangi Tatjana Saphira di tahun lalu. Selamat jalan Rudy Wowor, salah satu aktor berbakat dan multitalenta di Indonesia.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading