Sukses

Entertainment

Lagu WINNER dijiplak, fans kritik musisi Kazakhstan ini

Fimela.com, Jakarta Popularitas lagu-lagu K-Pop yang makin mendunia mulai diapresiasi dengan beragam cara. Seperti halnya salah satu lagu WINNER yang 'menginspirasi' salah satu grup dari Kazakhstan.

Lagu berjudul Sweet Girl dari duo musisi tersebut sangat identik dengan Island, hits single milik WINNER. Bahkan aransemen kedua lagu tersebut bisa dibilang tidak ada bedanya.

Bahkan nada dasar serta elemen musik yang ada di sana juga tak berbeda. Tak heran jika langkah tersebut dicurigai sebagai sebuah bentuk tindakan plagiasi.

Dengan lirik yang berbeda, teaser Sweet Girl yang diunggah di Instagram 8 Oktober tersebut menuai banyak kritikan. Terlihat Inner Circle, sebutan fans WINNER dan netter lain menyerbu dengan ribuan komentar.

Kekuatan social media

Para fans mendesak agar YG Entertainment melakukan sesuatu. Mereka tak terima karya WINNER ditiru sedemikian mirip oleh kedua musisi tersebut. Fans berharap musisi ini dituntut jika terbukti meniru.

"Aku akan mengetag orang-orang di YG yang kukenal di sini. Mereka perlu tahu apakah ini benar-benar palgiarisme atau bukan," tulis salah satu netter dengan memention akun Instagram Yang Hyun Suk. Kekuatan social media membuat hal ini jadi viral dan mungkin segera terselesaikan.

Plagiat atau bukan?

Meski tak diragukan lagi komposisi kedua lagu tersebut sangat mirip, masih ada celah yang memungkinkan musisi Kazakhstan ini tidak melanggar peraturan apapun.

Hal tersebut mungkin, jika mereka secara legal meminta izin atau membuat kontrak tersendiri dengan YG Entertainment. Tindakan serupa sebenarnya sah saja, dan pernah dilakukan beberapa musisi. Salah satunya Ahmad Dhani yang menggubah lirik dari lagu barat, Real Life dari Sergio Mendez yang kini dikenal masyarakat Indonesia sebagai Cinta Mati II. Ia telah mengantongi izin resmi dari publisher untuk memakai lagu tersebut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading