Alasan Joko Anwar pilih Abimana Aryasatya jadi pemain utama film Gundala

Lanny Kusumastuti29 Okt 2018, 08:24 WIB
Abimana Aryasatya dalam Gundala (istimewa)

Fimela.com, Jakarta Rasa penasaran mengenai first look dan siapa aktor utama film Gundala terjawab sudah. Kedua jawaban atas teka-teki tersebut telah diumumkan sang sutradara, Joko Anwar lewat perhelatan Indonesia Comic Con yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Minggu (28/10/2018).

Sebelum mengumumkan siapa pemain yang terlibat di film Gundala, Joko Anwar menunjukkan video berdurasi 15 detik, first look film Gundala. Diawali dengan memperlihatkan percakapan Sancaka kecil dengan ayahnya. ”Karena kulau kita diam saja melihat ketidakadilan di depan mata kita, itu tandanya kita bukan manusia lagi," demikian penggalan pesan sang ayah kepada Sancaka kecil.

[Fimela] Joko Anwar
Joko Anwar sutradara dan penulis skenario film Gundala.

Kemudian scene dilanjutkan menampilkan adanya perkelahian yang melibatkan banyak massa, sampai akhirnya kita melihat Sancaka ketika dewasa, dan di penghuiung video ditutup dengan munculnya sosok Gundala mengenakan topeng dengon telinga berbentuk sayap sesuai ciri khasnya.

Sementara pemeran utama karakter Sancaka dalam film Gundala, seperti yang sudah muncul dalam first look dipercayakan kepada aktor kenamaan, Abimana Aryasatya. Pada kesempatan itu, Joko Anwar pun menjelaskan alasannya memilih Abimana.

"Ketika menulis ceritanya aku sudah memikirkan Abimana. Karakter Sancaka atau Gundala bukan jagoan yang he can do everything. Tapi dia seseorang yang rapuh. Makanya Gundala harus diperankan seseorang yang harus punya talenta kuat, karakternya kuat dan harus ada kerapuhan dalam dirinya. Dan aku menemukan itu di Abimana," tutur Joko Anwar.

Joko Anwar juga menegaskan pemilihan Abimana juga tetap dengan jalur casting, meskipun dirinya memang sangat menginginkan Abimana untuk bermain filmnya tersebut. "Ketika saya nulis saya sudah kepikiran untuk Abimana. Tapi harus ada proses dan kita bikin audisi juga, casting juga ya. Dan yang terpilih itu tetap pada pilihan pertama si Abimana. Karena memang dia yang paling tepat," tambahnya.

Gundala
Poster tokoh Gundala diperankan oleh Abimana Aryasatya [Foto: Instagram Joko Anwar]

Tak hanya Abimana, sejumlah pemain lainnya turut diperkenalkan di Indonesia Comic Con 2018 adalah Muzakki (Sancaka kecil), Tara Basro (Merpati) dan Bront Palarae (Pengkor). Dan masih banyak lainnya, namun sayang Joko Anwar enggan membeberkan semua pemainnya.

Film aksi jagoan Indonesia ini nantinya akan menceritakan asal mula Gundala, dan bagaimana ia mengemban tunggung jawab menjadi jagoan Indonesia. Di tangan Joko Anwar, Film Gundolo dijamjn akan menjadi tontonan yang menarik sebab menawarkan karakter ikonik dan jalan cerita relatable yang dikemas secara milenial, terutama untuk menggaet penonton-penonton muda.

Syuting film ini masih berlangsung dan segera rampung dalam waktu dekat. Film karya Joko Anwar ini akan rilis di bioskop pada pertengahan tahun 2019.