Sukses

Entertainment

Ketika Komika jadi Sutradara, Ini 5 yang Paling Sukses

Fimela.com, Jakarta Stand Up Comedy sempat menjamur menjadi hiburan kaum muda. Para pelakunya sendiri sering disebut sebagai komika. Mereka adalah orang-orang yang mampu mengocok perut orang lain dengan kekocakannya.

Seorang komika biasanya merupakan penulis materi yang handal. Pasalnya, lawakan mereka biasanya berdasar pada itu. Karenanya tak jarang ketika mereka juga terjun menjadi penulis novel dan lainnya.

Ranah film juga tak menjadi wilayah yang lepas dari jajahan mereka. Pada banyak film komedi yang diproduksi, para komika berhasil menjadi bagian yang menyuguhkan aksi mengundang tawa.

Tak cuma sebagai pemain karena tak sedikit dari mereka yang dipercaya sebagai sutradara. Dan film-film yang mereka gawangi juga mampu menyedot animo penonton bioskop.

Di antara para komika tersebut, Fimela.com mencatat ada sekitar 5 orang komika yang paling sukses dalam karirnya sebagai sutradara. Siapa saja mereka? Mari kita simak.

Soleh Solihun

Mantan wartawan sekaligus komika ini menjalani debutnya sebagai seorang sutradara di film komedi berjudul Mau Jadi Apa (2017). Selanjutnya, ia kembali menyutradarai layar lebar di judul film Reuni Z (2018).

Kemal Palevi

Sebagai pemeran, Kemal Palevi sudah membintangi belasan film layar lebar. Sementara sebagai sutradara Kemal baru menggawangi 2 judul film yaitu Youtubers (2015) dan Abdullah & Takhesi (2016). Di kedua film tersebut, ia juga merangkap sebagai penata skrip.

Pandji Pragiwaksono

Namanya sudah demikian besar di ranah komika. Ia selalu menjadi sosok yang bisa memberikan lelucon pintar. Tak hanya stand up comedy, ranah entertainment lain juga pernah dilakoni.

Sebut saja musik. Ia juga dikenal sebagai seorang rapper. Sementara itu, sebagai seorang sutradara ia unjuk kemampuan lewat film berjudul Partikelir (2018).

Raditya Dika

Dika Angkasaputra Moerwani atau lebih dikenal dengan Raditya Dika telah berhasil membuktikan bahwa dirinya adalah seorang multi talenta. Ia tercatat merupakan penulis, komedian, aktor, sutradara, dan Youtuber.

Sebagai sutradara, ia telah banyak menelorkan karya. Menilik laman Wikipedia, Raditya Dika sudah menyutradarai sekitar 10 film layar lebar. Selain itu, ia biasanya juga menjadi pemeran dan penulis skenario.

Ernest Prakasa

Di antara sekian banyak komika, Ernest Prakasa merupakan seorang yang tercatat sukses juga sebagai sutradara. Novel Ngenest membawanya ke posisi sutradara pada judul film yang sama.

Sukses keduanya adalah pada film Cek Toko Sebelah yang juga diangkat dari novel karyanya. Film yang rilis 2016 ini meraih sukses sebagai salah satu film dengan penonton terbanyak.

Lewat film ini Ernest berhasil meraih penghargaan sebagai Penulis Skenario Terbaik pda FFI 2017. Di antara proyeknya yang lain adalah film Susah Sinyal (2017) dan film Milly dan Mamet yang bakal tayang 20 Desember 2018.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading