Mengenang Kengerian Mak Lampir di Cerita Kolosal Misteri Gunung Merapi

Rivan Yuristiawan21 Nov 2018, 12:45 WIB
Misteri Gunung Merapi

Fimela.com, Jakarta Tontonan-tontonan lawas yang 'dimodernisasi' nyatanya ampuh menarik perhatian masyarakat. Dua film Warkop DKI Reborn yang diadaptasi jadi film Warkop DKI era 80an-90an sudah terbukti sukses menjadi salah satu film terlaris sepanjang sejarah perfilman Indonesia.

Yang terbaru, film Suzzana Bangkit Dari Kubur pun menuai apresiasi yang tinggi. Film yang dibintangi oleh Luna Maya itu berhasil meraup lebih dari satu juta penonton dalam hitungan hari.

Dalam platform yang berbeda, kini ada lagi satu cerita 'lawas' yang dimodernisasi dengan harapan menuai kesuksesan yang serupa. Adalah sinetron Misteri Gunung Merapi kembali diangkat ke layar kaca dengan versi kekinian karena dilengkapi dengan tekhnologi grafis yang lebih mutakhir.

[Bintang] Farida Pasha
Farida Pasha ketika berperan sebagai Mak Lampir di sinetron Misteri Gunung Merapi. (YouTube)

Sedikit mengenang kesuksesan sinetron bergenre kolosal tersebut, kala itu cerita Mak Lampir cukup lama di Indosiar. Dalam kurun waktu penayangan sejak 1999 sampai 2005, sinetron produksi Genta Buana Pitaloka itu mampu mendapat rating tinggi dengan total lebih dari 260 episode dalam tiga season.

Tak sampai di situ, tontonan yang kental dengan adegan bertarung itu suka sukses membuat nama-nama pemainnya semakin melambung. Beberapa nama seperti Farida Pasha, Marcelino, Rizal Djibran, Wulan Guritno, Anne J. Cotto, Dhini Aminarti, Agus Kuncoro, sampai Monica Oemardi merupakan segelintir nama yang menjadi populer lewat perannya di Sinetron Misteri Gunung Merapi.

Berkaca dari hal tersebut, MNC Pictures di penghujung tahun 2018 ini percaya diri untuk kembali mengemas sinetron kolosal legendaris itu sebagai suguhan teranyarnya.

Hadirkan Talenta Muda

Dalam syukuran penayangan perdana sinetron tersebut, Endah Hari Utari sebagai Director Programming dan Produksi MNC Pictures merasa yakin Sinetron Misteri Gunung Merapi kembali menuai kesuksesan.

"Momen ini sudah kita tunggu banget. Kami dengan bangga mempersembahkan sinetron Misteri Gunung Merapi dengan harapan mudah-mudahan bisa melekat di hati masyarakat," ungkapnya di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (19/11/2018) malam.

Sederet bintang muda didaulat sebagai pemain, salah satunya Juliana Mochtar yang merupakan mantan finalis Puteri Indonesia tahun 2010. Wanita 29 tahun itu mengaku bangga memerankan karakter Atika yang pernah dimainkan oleh Wulan Guritno.

Ia lantas mengatakan, bermain di sinetron bergenre kolosal adalah tantangan tersendiri dalam kariernya di industri hiburan tanah air.

"Kesulitan akting sih nggak. Cuma untuk adegan-adegan yang saya nggak pernah lakukan itu cukup susah, kayak naik delman dari bukit ke hutan malam-malam, itu sudah.

Seperti yang terdahulu, sinetron Misteri Gunung Merapi versi baru ini juga mengedepankan cerita perseteruan Mak Lampir (Varissa Camila) dengan keturunan dari Ki Ageng Prayogo (Affandy) yang pernah membuatnya terkurung dalam goa di kaki gunung Merapi. Setelah beratus tahun terpenjara, Mak Lampir berhasil bangkit setelah seseorang tanpa sengaja membuka peti tempatnya terkurung dan kembali ke dunia untuk balas dendam.

Lanjutkan Membaca ↓