Sukses

Entertainment

Prosesi Adat yang Dilakukan Paula Verhoeven Sebelum Menikah

Fimela.com, Jakarta Model cantik Paula Verhoeven akan segera menikah dengan Baim Wong pada Kamis (22/11/2018). Sebelum resmi menjadi seorang istri, Paula Verhoeven pun terlebih dahulu menjalani serangkaian prosesi adat Jawa yang digunakan.

Berlangsung sejak Rabu (21/11/2018) pagi, kediaman Paula Verhoeven memang sudah ramai sejak pagi. Meski lelah, nyatanya wanita 31 tahun itu tetap menikmati setiap prosesi adat yang ia lakukan.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Paula Verhoeven (@paula_verhoeven) on

"Ya rasanya seneng banget gitu walaupun agak sedikit kurang tidur tapi nggak terasa karena emang happy dan menikmati setiap detik ya gitu dari pergantian-pergantian proses itu ya," ujar Paula Verhoeven.

Serangkaian acara yang dihelat di kediaman Paula Verhoeven antara lain pengajian yang berlangsung sejak pagi hari. Setelah itu, prosesi adat Jawa pun satu per satu dijalani dengan penuh kekhidmatan.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Paula Verhoeven (@paula_verhoeven) on

"Dari pengajian, lalu siraman, sungkem, dan juga tadi suap-suapan dan yang terakhir ini nanti malam yaitu midodareni," tuturnya.

Diakui Paula, ia memang tak mengetahui secara detil tentang makna-makna di balik setiap proses yang ia lakukan hari ini. Yang pasti, hal tersebut sudah merupakan prosesi yang biasa dilalui calon pengantin yang mengusung adat Jawa.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Paula Verhoeven (@paula_verhoeven) on

"Jujur aku nggak tau, karena yang tadi aku ceritain itu dari sisi pihak aku aja yg aku jalanin. Tapi ternyata di luar sana ada yang pasang blekatepe, terus tadi papi pasang pisang, terus lepas ayam, jadi kalau aku lebih ngikutin proses tradisi aja," paparnya.

Namun begitu, untuk beberapa prosesi sakral Paula mengaku sedikit banyaknya paham.

"Kayak tadi aku dapat suapan dari papa-mama. Itu artinya suapan terkahir melepas anaknya bersama pasangan hidupnya untuk bisa hidup mandiri. Sungkeman istilahnya mohon doa restu, terus pengajian dikasih wejangan bahwa kehidupan pernikahan itu begini begitu, kasih nasihat ya," pungkas Paula Verhoeven.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading