5 Rivalitas Grup K-Pop, Mana Paling Sengit?

Nizar Zulmi22 Nov 2018, 19:38 WIB
[Bintang] BLACKPINK dan TWICE

Fimela.com, Jakarta Rivalitas adalah hal yang lumrah terjadi di berbagai macam industri. Takaran kesuksesan dan prestasi jadi tolok ukur untuk menyebut dua entitas untuk menjadi rival.

Persaingan ini juga terjadi di industri musik K-Pop yang selama beberapa tahun terakhir sedang naik daun. Bisnis ini memang bisa disebut skala besar, dengan modal serta effort luar biasa yang dilakukan untuk mendebutkan sebuah grup.

[Bintang] Super Junior
Industri K-Pop jadi bisnis skala besar yang menjanjikan (Twitter/SJOfficial)

Daya saing industri hiburan di Korea bisa dibilang cukup tinggi. Namun rivalitas yang terjadi di industri diharapkan terjadi secara sehat, tanpa adanya kecurangan dari kedua belah pihak.

Dari medio 2000an awal, beberapa grup K-Pop ini memiliki kesuksesan yang hampir sama. Karenanya mereka sering disebut rival atau saingan satu sama lain. Siapa saja mereka?

SNSD - Wonder Girls

Rivalitas K-Pop
SNSD Vs Wonder Girls (Foto: One Hallyu)

Dua girl group ini sering disebut memiliki rivalitas sengit. Mereka adalah SNSD dan Wonder Girls yang membawa hype musik K-Pop dikenal banyak orang.

Namun keduanya pernah terlibat konflik ketika SNSD dikabarkan membuang album Wonder Girls. Fans dari kedua belah kubu juga tak jarang berseteru di forum-forum. Untungnya persaingan panas itu berakhir seiring menurunnya pamor kedua grup.

Super Junior - BigBang

BigBang vs Suju
BigBang vs Super Junior (Foto: Hellokpop)

Di kancah boyband, persaingan juga tak kalah sengit antara Super Junior dan BigBang. Keduanya mewakili agensi raksasa yang sampai kini juga masih jadi saingan. 

SuJu jadi representasi yang pas tentang SM dengan membernya yang punya visual menawan. Sementara YG lebih mengedepankan sisi swag yang dimiliki para talent-nya seperti BigBang.

EXO - BTS

[Bintang] BTS - EXO
Sama-sama populer dan punya fanbase kuat, BTS dan EXO jadi 'kuasai' Twitter.

Di era yang lebih muda, muncul dua nama yang jadi fenomena di dunia K-Pop. EXO dan BTS sama-sama kuat dengan basis penggemar berjumlah besar, dan konsisten dengan karya-karya mereka.

EXO memiliki reputasi yang lebih lama, tapi BTS tampaknya menapaki jalan yang lebih mulus. Jungkook dkk lebih unggul jika melihat kiprah mereka di kancah internasional.

TWICE - BLACKPINK

Blackpink dan Twice
BLACKPINK - TWICE

Beralih ke rivalitas berikutnya, ada dua nama yang saat ini tengah berada di puncak popularitas. Mereka adalah TWICE dan BLACKPINK yang punya karakter jauh berbeda.

TWICE hampir tak pernah gagal di chart musik setiap merilis lagu. Sementara BLACKPINK juga tak kalah cemerlang dengan sejumlah hitsnya, bahkan bersiap untuk solo karier para personelnya. Mana yang menang?

Wanna One - NCT

NCT vs Wanna One
NCT atau Wanna One?

Bicara soal grup pendatang baru, tak ada yang lebih mencuri perhatian ketimbang Wanna One dan NCT. Mereka sama-sama memiliki influence kuat untuk menjaring fans-fans yang masih muda.

Sejak Produce 101 Season 2, popularitas Wanna One sudah mulai terbentuk, dan terbukti bertahan hingga saat ini. Sementara NCT merayu penggemar dengan talent-talent yang berbakat dan bervisual menarik. 

Lanjutkan Membaca ↓