Sukses

Entertainment

Ini Hal yang Dicari Ramon Y. Tungka saat Mendaki Gunung

Fimela.com, Jakarta Aktor Ramon Y. Tungka memiliki hobi yang terbilang cukup ektrem, yaitu mendaki gunung. Hampir semua gunung di Indonesia sudah pernah ia daki, termasuk beberapa gunung tinggi di luar negeri.

Namun jika biasanya pendaki selalu berusaha untuk mencapai puncak tertinggi, hal tersebut bukan menjadi prioritas Ramon. Dalam setiap pendakiannya, pria 34 tahun itu tak melulu memaksakan diri untuk bisa berdiri di puncak tertinggi. "Saya bukan pengejar puncak, puncak itu bonus. Yang penting pulang selamat," ujar Ramon Y. Tungka di kawasan Radio Dalam, Gandaria, Jakarta Selatan, Sabtu (15/12/2018).

Bagi Ramon, proses perjalanan mencapai titik tertinggi yang ia mampu merupakan hal yang lebih penting ketimbang berada di puncak tertinggi. Menurutnya, banyak pelajaran yang bisa dipetik saat proses mendaki gunung yang lebih berharga daripada pemandangan indah ketika berada di puncak gunung.

"Saya lebih menikmati proses perjalanannya. Saya yang penting sampai pos terakhir, sampai ke puncak itu bonus, tergantung mood. Jadi proses bertahan hidupnya yang saya suka, seninya itu," paparnya.

Mantan VJ MTV Indonesia itu lantas mengatakan, setiap pendaki gunung sepatutnya tak melulu mesti berada di puncak tertinggi gunung yang didaki. Banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika mendaki yang harusnya bisa dikompromikan dari sekedar mencapai titik tertinggi dalam sebuah pendakian agar tak membahayakan keselamatan diri sendiri.

"Semakin tinggi jam terbang kita, bukan berarti kita makin nekat, tapi harusnya makin sabar. Jadi tau nih kira-kira cuacanya gimana. Saat kita nggak kuat, yaudah jangan dipaksakan. Biarpun kita udah sering mendaki, posisikan diri kita seperti belum pernah mendaki," pungkas Ramon Y. Tungka.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading