Rekam Jejak Dian Pramana Putra di Kancah Musik

Nizar Zulmi27 Des 2018, 22:56 WIB
[Bintang] Dian Pramana Putra

Fimela.com, Jakarta Kamis malam, 27 Desember 2018 salah satu insan musik tanah air kembali berpulang. Ia adalah musisi senior, Dian Pramana Putra yang mengembuskan napas terakhir akibat leukemia dan kanker darah.

Bakat musik Dian Pramana Putra didapatnya dari gen sang ayah yang merupakan seorang musisi jazz. Melalui Lomba Cipta Lagu Remaja tahun 1980, musikalitas Dian mulai diperhitungkan. 

[Bintang] Deddy Dhukun dan Dian Pramana Poetra
Selain para penyanyi era 80-an, konser yang digagas oleh 2D (Deddy Dhukun dan Dian Permana) itu juga akan ada spesial performance dari pejabat. (Bambang E Ros/Bintang.com)

Dian dikenal sebagai musisi yang memrakarsai lahirnya grup 2D bersama Deddy Dhukun. Mereka menelurkan 4 album sepanjang karier, termasuk hits single Keraguan dan Masih Ada yang sangat ikonik. Lagu solonya, Kau Seputih Melati juga begitu dicintai para penikmat musik sampai saat ini.

Musisi kelahiran Medan, Sumatera Utara ini juga terbilang produktif dalam berkarya. Album pertamanya dirilis pada tahun 1983 dengan tajuk Indonesian Jazz Vocal. Kemudian pada tahun 1999 ia meluncurkan album The Best of Dian Prama Putra di bawah naungan Target Pop dan label Aquarius Musikindo.

Aktif Bermusik hingga Akhir Hayat

[Bintang] Dian Pramana Putra
Dian Pramana Poetra (Bambang E. Ros/bintang.com)

Kecintaan Dian Pramana Putra terhadap musik begitu besar. Bahkan sesaat sebelum jatuh sakit, musisi yang satu ini masih aktif tampil di panggung musik bersama Deddy Dhukun.

Saat akan mengisi acara di Banyuwangi, kondisinya sudah tidak memungkinkan lagi untuk naik panggung. Deddy Dhukun akhirnya tampil seorang diri, sembari mendoakan partner bermusiknya.

Salah satu karya terakhir Dian Pramana Putra adalah Album "Fariz RM & Dian PP In Collaboration With" yang diproduksi Music Factory Indonesia, Swara Sangkar Emas tahun 2014 silam. Kini bakat serta passion bermusik Dian ditularkan kepada sang putri, Alana Pramanda Poetri Beilby yang juga telah merilis beberapa single dan terlibat dalam film layar lebar.

Lanjutkan Membaca ↓