5 Musisi Pencetak Hits Paling Berpengaruh di 2018

Nizar Zulmi07 Jan 2019, 21:49 WIB
[Bintang] Lale Ilman Nino

Fimela.com, Jakarta Tahun 2018 diwarnai sejumlah karya dari para musisi Indonesia yang membanggakan. Beberapa dari mereka bahkan mampu mendapat pengakuan hingga ke ajang luar negeri.

Keberhasilan tersebut ditopang oleh beberapa faktor tentunya, termasuk peran penting pihak-pihak di balik layar. Mereka lah yang punya andil besar dalam karya-karya yang mereka, atau orang lain bawakan untuk sukses.

Marion Jola
Marion Jola (Mnet)

Indonesia sendiri memiliki sejumlah pencipta lagu, arranger serta komposer yang mampu membawa pengaruh besar. Kejelian mereka menggali karakter sang penampil layak diapresiasi lebih.

Berikut beberapa pencipta lagu maupun arranger yang berhasil mencetak hits paling berpengaruh sepanjang 2018. Siapa sajakah mereka? Mari kita simak.

2 of 6

Kunto Aji

[Fimela] Kunto Aji
Kunto Aji (Daniel Kampua/Fimela.com)

Kunto Aji melahirkan sebuah karya fenomenal di tahun 2018. Album bertajuk Mantra Mantra berhasil menyihir para penikmat musik untuk mendengarkan lagu demi lagu yang ia tulis.

Mengangat tema tentang mental health, Kunto Aji memasukkan buah pemikirannya dalam setiap lagu. Album ini pun makin matang dengan sentuhan dari beberapa musisi lain seperti Petra Sihombing dan Bam Mastro.

3 of 6

Ari Renaldi

[Bintang] Tulus dan Ari Renaldi
Tulus dan Ari Renaldi (Deki Prayoga/Fimela.com)

Nama yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi di kalangan musisi dan penyanyi tanah air. Dia adalah Ari Renaldi atau yang juga dikenal dengan Ari Aru. Ia berada di balik lagu-lagu kenamaan dari beberapa solois, sebut saja Yura dan Tulus.

Aransemen Ari Renaldi memiliki ciri khas, tapi tetap memunculkan juga karakter sang penyanyi. Tak heran jika beberapa karya ciptaannya berhasil mendapat penghargaan.

4 of 6

Lale Ilman Nino

[Bintang] Lale Ilman Nino
Lale Ilman Nino (Bambang E. Ros/bintang.com)

Berawal dari saling berkumpul, tiga musisi muda ini sepakat menggarap project di balik layar. Mereka adalah Lale Ilman Nino yang merupakan gabungan dari dua personel Maliq & D'Essentials dan satu member RAN.

Bersama, mereka menelurkan sederet hits, termasuk karya solo Armand Maulana hingga lagu hits Marion Jola. Kemampuan mereka ternyata tak hanya tertuang di atas panggung tapi juga dalam mengasah bakat-bakat baru.

5 of 6

Isyana Sarasvati

Closing Ceremony Asian Games 2018: Isyana Sarasvati
Isyana Sarasvati (Windy/Fimela.com)

Isyana Sarasvati memiliki talenta dan musikalitas yang tak perlu diragukan lagi. Setelah menggarap album Paradox, ia fokus dengan album berikutnya. Namun sebelum itu ia telah merilis karya soundtrack film Milly & Mamet yang ia bawakan bersama Rara Sekar, kakaknya.

Winter Song merupakan karya yang personal dan menjadi pembuktian Isyana sebagai musisi dan penyanyi. Tak menutup kemungkinan, tahun 2019 ia akan mencetak sejumlah hits baru yang pastinya bakal menarik.

6 of 6

Danilla

[Fimela] Danilla Riyadi
Danilla (Adrian Putra/Fimela.com)

Terakhir ada penyanyi yang mencuri perhatian sepanjang tahun 2018. Danilla, menjadi favorit para pecinta musik indie dengan karakternya yang apa adanya.

Lagu-lagu ciptaan Danilla berasal dari pengalaman yang ia rasakan, hingga mimpi yang datang di siang bolong. Cenderung bernuansa gelap, karya Danilla sesekali disandingkan dengan Lana Del Rey dan beberapa musisi hebat lainnya.

Lanjutkan Membaca ↓