Sisi Egoisme Rizky Febian dalam Album Jejak

Rivan Yuristiawan18 Jan 2019, 23:08 WIB
[Fimela] Rizky Febian

Fimela.com, Jakarta Jika album musik menjadi ukuran bagi seseorang disebut musisi, Rizky Febian akhirnya layak untuk mendapat predikat tersebut. Setelah sukses dengan beberapa single, putra sulung Sule itu akhirnya mengeluarkan album perdananya yang bertajuk Jejak.

Album Jejak bisa dibilang sebagai pembuktian bagi Ikki yang diawal kemunculannya selalu dikaitkan dengan nama besar sang ayah. Tak ingin setengah-setengah, pemuda 20 tahun itu pun menunjukkan sisi 'egoisnya' sebagai penyanyi di album perdananya tersebut.

[Fimela] Rizky Febian
Rizky Febian (Adrian Putra/Fimela)

Disebut demikian, lantaran pelantun lagu Kesempurnaan Cinta itu tak banyak melibatkan musisi dalam proses penggarapannya. Sebagian besar lagu yang ada di album Jejak pun merupakan hasil tulisannya sendiri. Disamping itu, Ikki juga tak memasukkan lagu-lagu yang sudah ia populerkan sebelumnya. Jelas, Ikki ingin menunjukkan jati dirinya sebagai seorang musisi.

"Saya pengen di album perdana ini, nggak ada lagu-lagu sebelumnya. Ada yang bilang formulanya harus ada lagu hits sebelumnya, saya mau membantah formula itu. Saya mau ini jadi ijazah buat saya. Ini jadi ajang challange buat saya, apa bisa album ini diterima tanpa ada Kesempurnaan Cinta dan Cukup Tau," ucap Rizky Febian saat konferensi pers terkait album Jejak di KFC Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (18/1/2019).

Meski bertekad untuk menunjukkan jati dirinya, namun dari segi materi lagu, Ikki pun sedikit berkompromi dengan kondisi pasar saat ini. Maka dari itu, ia pun enggan dikatakan jika album Jejak adalah wadah curhatan pribadi terhadap semua hal yang ia rasakan.

[Fimela] Rizky Febian
Rizky Febian (Adrian Putra/Fimela)

a"Ini yang pengen disampein, ini pure dari Ikki. Tapi saya nggak mau orang bilang ini curhatannya Ikki. Jadi saya obervasi, apakah ada yang orang-orang di luar sana merasakan hal yang sama, akhirnya saya bikin," terangnya.

Akhirnya, album Jejak pun merangkum 9 lagu yang sebagian besar merupakan hasil ciptaan Rizky Febian sendiri. Dibantu oleh Lale, Ilman, Nino, Ikki akhirnya bisa mendapatkan 'Ijazahnya' sebagai musisi. Sampai akhirnya album Jejak dirilis, Ikki merasa hal tersebut merupakan pencapaian besar bagi karier bernyanyinya. "Ini (album Jejak rilis) rasanya seperti jerawat pecah," pungkas Rizky Febian.