Sukses

Entertainment

Soraya Haque dan Wujud Toleransi kepada Agama Lain

Fimela.com, Jakarta Baru-baru ini kabar mengejutkan datang dari Soraya Haque dan keluarganya. Ia dan keluarga disebut telah berpindah keyakinan. Kabar ini beredar setelah adanya sebuah video yang memperlihatkan Soraya tengah berada di sebuuah gereja di momen Natal.

Karena tak mau kabar simpang siur, Soraya Haque pun membalas kabar di laman Instagram miliknya. Ia menyangkal bahwa telah berpindah keyakinan bersama anggota keluarganya. Pada keterangan yang dituliskan, Soraya hanya menyebut sebagai bentuk toleransi.

"Hidup secara seimbang, hidup harus seimbang. Baik hubungan dengan Tuhan (Habluminallah) dan hubungan dengan sesama manusia (Hablum Minannash)," demikian Soraya Haque di laman Instagramnya, seperti dikutip dari Liputan6.com.

Lebih lanjut, Soraya mengatakan hanya sekadar membantu teman. "Membantu teman-teman dari sebuah gereja yang akan mempersiapkan ibadah Natal sebagai wujud toleransi langsung yang dapat kami sekeluarga lakukan di lingkungan tempat tinggal," imbuhnya.

Dalam membantu, Soraya mengaku siap mengulurkan tangannya kepada sesama meski beda keyakinan. "Bukan hanya Kristiani saja. Hal ini kami lakukan bagi pemeluk agama lain yang hidup di alam Indonesia," sambung mantan model kawakan tersebut.

Dan berikut petikan selanjutnya dari pernyataan Soraya Haque.

Rindu akan suasana hidup berdampingan tanpa curiga, saling gotong-royong, membantu tanpa pamrih, tanpa ada kekhawatiran terhadap gangguan apapun.

Sebenarnya wujud toleransi dapat dilakukan oleh siapapun, dalam bentuk apapun, bisa dalam ucapan, ataupun bersikap langsung, sebagai saksi diri untuk memanusiakan manusia dalam kehidupan horizontal.

Kami sekeluarga menyadari perbedaan merupakan FITRAH dan KEHENDAK ALLAH, mengingat hidup di alam Indonesia penuh keberagaman keyakinan, dan menjadi kewajiban kaum mayoritas untuk saling mengasihi dalam nafas kebhinekaan. Perbedaan bukan menjadi tidak harmonis, bukan?

Berani keluar dari zona nyaman, dari kondisi intoleran yang semakin merajalela membuat kami ingin berbuat hal kecil untuk membahagiakan orang lain. Keindahan hidup berdampingan sudah harus dihidupkan kembali, di era hilangnya toleransi beragama saat ini. Salam Bhinneka," tulis Soraya Haque lewat Instagramnya sambil mengunggah foto bareng keluarga.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading