Raline Shah Dapat Pelajaran Hidup Berharga dari Orang Kaya Baru

Puput Puji Lestari26 Jan 2019, 18:00 WIB
[Fimela] Raline Shah

Fimela.com, Jakarta Raline Shah menjadi pemeran utama dalam film berjudul Orang Kaya Baru. Dalam film bergenre drama komedi tersebut, ia memerankan tokoh bernama Tika.

Perannya di film produksi Screenplay Films itu membuat Raline bersyukur. Wanita berusia 33 tahun tersebut mendapat pembelajaran berharga untuk mengerti orang-orang yang tak seberuntung dirinya.

"Alhamdulillah aku dilahirkan dalam keluarga yang berkecukupan, tapi bukan berarti dalam keluarga saya tidak ada yang berkekurangan atau tidak mengerti, atau paham bagaimana rasanya kekurangan. Dan saya punya kesempatan di sini (film Orang Kaya Baru) untuk mengerti bagaimana menjadi orang yang berkekurangan. Itu adalah pengalaman yang gak pernah saya lupakan," kata Raline Shah beberapa waktu lalu.

 

Tak hanya penyesuaian secara sikap, diakui wanita kelahiran Medan itu, ia pun sampai melakukan observasi sendiri dengan terjun ke lapangan. Raline tak sungkan untuk berjejal di dalam bus umum untuk mengamati tingkah orang-orang yang relate dengan karakter Tika yang ia perankan.

"Aku observasi sebelum syuting Orang Kaya Baru. Coba naik bus beberapa kali dan melihat gestur-gestur teman-teman anak kuliahan juga yang naik bus. Gimana dia gesturnya naik bus pagi-pagi, baghagiakah, senang nggak. Saya jadi mengerti dan paham benar ternyata pagi-pagi itu ribet ya naik bus," tuturnya kemudian.

 

Kisah Hidup Joko Anwar

[Fimela] Joko Anwar
Screening film Orang Kaya Baru (Daniel Kampua/Fimela.com)

Selain Raline Shah, film yang disutradarai oleh Ody C. Harahap itu juga dibintangi beberapa nama seperti Lukman Sardi, Cut Mini, Derby Romero, dan Fatih Unru. Skenario dari film OKB ini ternyata mengisahkan masa kecil sosok Joko Anwar yang hidup serba kekurangan.

"Orang Kaya Baru ini kisah nyata waktu gue kecil. Jadi dulu gue tinggal di sebuah tempat di Medan, Medan coret. Kelas ekonomi sangat rendah di sana dan setiap hari, gue kebayang, jangan-jangan gue punya bapak kaya," ujar Joko Anwar.

 

Lanjutkan Membaca ↓