Gubernur Ridwan Kamil akan Buat Taman Dilan di Bandung

Syifa Ismalia12 Feb 2019, 06:45 WIB
[Fimela] Vanesha Prescilla

Fimela.com, Jakarta Film Dilan dianggap memberikan dampak yang baik bagi kota Bandung. Sehingga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pun akan membuatkan taman Dilan di kota Kembang tersebut, tepatnya di area Saparua Park.

"Sebagai dedikasi pada sebuah cerita yang buat Bandung luar biasa, tahun ini insya Allah akan abadikan legenda Dilan jadi sebuah taman. Taman Dilan nanti akan ada di Gelora Saparua," kata Kang Emil, begitu sapaannya saat ditemui di Rumah Dinas Gubernur Jabar, Bandung, Minggu (10/2/2018).

 

Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengapresiasi film Dilan 1991. (Huyogo Simbolon)

Tak hanya itu saja, Kang Emil juga berharap Taman Dilan akan menjadi wisata baru di kawasan Bandung. Nantinya, Taman Dilan akan berisikan perpustakaan serta kata-kata bijak Pidi Baiq.

"Mudah-mudahan itu (Taman Dilan) menjadi daya tarik. Kalau ke Amerika ada Disneyland, kita cukuplah Taman Dilan. Asal kesininya membawa benefit ekonomi yang positif," katanya.

"Nanti di tempat itu ada perpustakaan yang isinya buku-buku mayoritas tentang Bandung dan Dilan juga. Kemudian ada quote-quote Ayah (Pidi Baiq) yang memang inspiratif kan. Termasuk nanti ada motor-motor yang disulap jadi seolah-olah motor Dilan. Tapi intinya itu diharapkan bisa menjadi daya tarik tambahan pariwisata yang sifatnya kontemporer," tambah Ridwan Kamil.

 

Rampung Akhir Tahun

[Fimela] Vanesha Prescilla
Pemain Dilan 1991 berkunjung kerumah Dinas Ridwan Kamil (Adrian Putra/Fimela.com)

Diakui Kang Emil, pembangunan Taman Dilan akan rampung pada akhir tahun 2019 ini. Meski begitu, tempat tersebut akan soft Launching saat film Dilan 1991 tayang di hari pertama, 24 Februari nanti.

"Belum jadi (Taman Dilan), karena kalau pekerjaan pemerintah kan butuh waktu. Baru beresnya nanti di akhir tahun tapi yang sekarang nanti kita apa istilahnya soft launching dikira-kira lah bentuknya seperti itu. Tapi finishingnya nanti masih lama sih, tidak berbarengan dengan waktu film. Kalau yang nanti tanggal 24 Februari kayak kita bikin acara kawinan divermak-vermak dulu, selucu-lucunya," jelas Ridwan Kamil.

Lanjutkan Membaca ↓