Cerita Sophia Latjuba Ikut Terlibat dalam Konservasi Orangutan

Rivan Yuristiawan18 Feb 2019, 18:24 WIB
[Fimela] Sophia Latjuba

Fimela.com, Jakarta Sebagai publik figur, aktris Sophia Latjuba nyatanya memiliki kepedulian tinggi terhadap kelestarian ekosistem. Pada pertengahan 2018 lalu, ia berkesempatan untuk turun ke hutan di Kalimantan untuk menyaksikan langsung pelepasan orangutan ke alam liar.

Bahkan mantan istri Michael Villareal itu pun ikut serta menjadi salah satu orang yang berkesempatan membuka pintu kandang orangutan untuk dilepasliarkan. Hal itu pun nyatanya menjadi pengalaman berharga bagi Sophia Latjuba.

[Fimela] Sophia Latjuba
Preskon film Mata Batin (Deki Prayoga/Fimela.com)

"Tahun lalu, bulan Mei diajak oleh BOS Foundation untuk ngelihat orangutan di Kalimantan, pengalaman rilis di hutan setelah sekolah hutan, diajarin, baru dilepas ke alamnya. Saya yang salah satu buka kandang," ujar Sophia Latjuba di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Ketertarikannya untuk ikut serta dalam menjaga konservasi orangutan pun didasari oleh tanggung jawabnya yang besar sebagai warga negara Indonesia. Seperti diketahui, orangutan merupakan satwa endemik asli Indonesia yang keberadaannya mulai terancam kepunahan.

"Saya rasa ini tanggung jawab ya sebagai citizen of the world, apalagi kita orang Indonesia, kita punya orangutan yang merupakan bagian penting dari ekosistem," terangnya.

[Fimela] Sophia Latjuba
Preskon film Mata Batin (Deki Prayoga/Fimela.com)

Ibu dari Eva Celia itu pun berharap perhatian beberapa yayasan pada kelestarian orangutan bisa mendapat dukungan penuh dari pemerintah. Pasalnya, hal itu merupakan tanggung jawab kolektif yang perlu di-maintaince secara berkala.

"Progress kita kerjasama dengan pemrintah untuk pekerjaan kolektif semua pihak, dari masyarakat butuh waktu, komitmen, dan disiplin dari semua," pungkas Sophia Latjuba.