Pro Kontra Debut BLACKPINK di Amerika Dituduh Lipsync

Nizar Zulmi19 Feb 2019, 16:08 WIB
Blackpink di Grammy Showcase

Fimela.com, Jakarta BLACKPINK terus melancarkan invasinya ke luar negeri. Pekan lalu Rose dkk telah memulai debutnya di Amerika Serikat saat tampil perdana di televisi. Mereka jadi bintang tamu di program Good Morning America pada 12 Februari kemarin.

Beberapa hari berselang penampilan mereka mendapat jumlah views yang besar di YouTube. Namun ada juga sejumlah netter yang melontarkan kritik terhadap penampilan BLACKPINK di atas panggung.

Blackpink
Blackpink selalu tampil dengan gaya dan fashion yang memukau. (dok. Instagram @blackpinkofficial/https://www.instagram.com/p/Bmz-PgzgqdD/Henry

Kritikan mereka cukup pedas, bahkan sampai disebut-sebut membuat malu orang Korea. Hal itu dikarenakan penampilan yang kurang maksimal, baik dari koreografi maupun vokal yang diduga lipsync.

Jika diamati secara seksama, tidak benar jika BLACKPINK melakukan lipsync. Backing track dan guide vocal yang dimainkan memang terdengar sepanjang lagu, sehingga membuat vokal para membernya kurang terdengar. Tapi secara umum, fans tetap dapat mendengar jika mereka memang bernyanyi live.

Soal Koreografi

BLACKPINK
BLACKPINK saat tampil di Good Morning America (dok. instagram @blackpinkofficial/ https://www.instagram.com/p/BtzUYu0HbMd/ Adinda Kurnia)

Dibandingkan dengan girl group lain, BLACKPINK memang tak terlalu mengandalkan koreografi sebagai nilai jual utama. Karena itu gerakan mereka bisa dibilang tak terlalu rumit, sesuai dengan kemampuan para membernya.

Bisa dibilang Lisa merupakan satu-satunya member dengan koreografi yang mumpuni. Isu Jennie yang malas-malasan ngedance juga kerap jadi perbincangan fans. Lalu Jisoo yang gerakannya masih agak kaku, tapi ia melakukan usaha maksimal untuk setiap performance.

"Koreografi lagu ini tidak sulit, tapi langkah kaki mereka tidak terkoordinasi dengan sempurna. Aku tidak bilang ini buruk, tapi memang tidak terlalu luar biasa," tulis salah satu netter, diamini beberapa netter lain.

Ini menjadi koreksi yang bisa dilakukan BLACKPINK ke depan. Dengan industri yang makin kompetitif, mereka tentunya harus berusaha lebih baik lagi agar bisa mempertahankan karier mereka.

Lanjutkan Membaca ↓