Sudut Film Dilan, Tempat Wisata Baru di Bandung Terinspirasi Dilan 1991

Syifa Ismalia01 Mar 2019, 06:45 WIB
Dilan 1991

Fimela.com, Jakarta Film Dilan 1991 mulai tayang hari ini di bioskop. Premiere film ini digelar khusus di Bandung dengan perhelatan Hari Dilan pada hari Minggu (24/2/2019). Yang menarik, karena kisah film ini terjadi di Bandung maka kota Bandung membuat tempat wisata baru yang terinspirasi oleh film ini.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, meresmikan salah satu tempat untuk dijadikan tempat literasi yang dinamakan Sudut Film Dilan di kawasan Bandung, Jawa Barat pada Minggu (24/2/2019) pukul 08.17 WIB. Saat peresmian Ridwan Kamil didampingi Menteri Pariwisata, Arief Yahya serta kedua pemain film Dilan 1991, Vanesha Prescilla dan Iqbaal Ramadhan meletakkan batu pertama bersama-sama.

 

Dilan 1991
Premiere Dilan 1991 di Bandung (Budy Santoso/KapanLagi)

Sebelumnya, tempat tersebut disebut-sebut sebagai Taman Dilan. Namun akhirnya Ridwan Kamil mengubahnya karena menurutnya nama Sudut Film Dilan dirasa lebih tepat dikarenakan lokasinya berada di kawasan Taman Saparua.

"Itu istilah aja, (Kalau) taman itu kan luas, ada lapangan, gedung, dan lain-lain. Nah ini ada sudut literasi. Namanya Sudut Film Dilan. Itu masalah istilah aja sih,” kata Ridwan Kamil usai melaksanakan prosesi peletakan batu pertama di Sudut Film Dilan, pada Minggu (24/2/2019).

Pria yang biasa disebut Kang Emil itu berharap dengan diresmikannya Sudut Film Dilan dapat mengembalikan minat baca masyarakat tanah air, khususnya bagi warga Bandung.

 

Selesai Akhir Tahun

[Fimela] Dilan 1991 di Bandung
(Budi Santoso/KapanLagi)

"Literasi kita kan buruk. Orang Indonesia kan baca buku males. Supaya kita bisa mengubah kebiasaan menjadi untuk bisa membuat tulisan. Sudut ini kan kurang termanfaatkan, jadi kita ubah menjadi positif,” kata Ridwan Kamil.

Meski sudah diresmikan Gubernur Jawa Barat, Sudut Film Dilan ini belum bisa digunakan karena masih dalam proses pembangunan. Nantinya, tempat tersebut dijadwalkan akan rampung pada akhir 2019 nanti.

Lanjutkan Membaca ↓