Kurang Ngehits, Coba Dengar 5 Lagu Underrated Coldplay Ini

Nizar Zulmi27 Feb 2019, 08:08 WIB
Coldplay-Chris Martin

Fimela.com, Jakarta Coldplay sering dijuluki sebagai salah satu ikon musik Britpop yang sempat ngehits di era 90 dan 2000an. Mereka juga menjadi band dengan pendapatan tertinggi dari konser-konser dan tur yang mereka lakukan.

Chris Martin Cs di awal kemunculannya mengandalkan musik-musik dengan instrumen organik. Dari sisi aransemen, Coldplay tak terlalu rumit. Justru karakter dan nada sang vokalis yang jadi kekuatan mereka.

Coldplay
Coldplay (AP Photo)

Bertahan dari 1996 hingga sekarang, bukan berarti Coldplay tidak melakukan perubahan. Semakin ke sini sound yang mereka tawarkan terasa cukup jauh dari mereka yang dulu. Tak aneh mengikuti tren, dan Coldplay berhasil membuktikannya.

Lagu-lagu Coldplay banyak yang jadi hits, album mereka terjual jutaan copy dari masa ke masa. Pendengar baru mereka pun terus berdatangan, mulai dari yang mengenal mereka dari Yellow, Viva La Vida atau Something Just Like This.

Di antara album-album Coldplay, terdapat beberapa lagu yang tak sepopuler lainnya, atau biasa disebut underrated. Coba beri kesempatan untuk mendengarkan beberapa judul berikut.

Swallowed in the Sea

20170112-Coldplay-AFP
Coldplay (Slaven Vlasic/Getty Images/AFP)

Kembali ke tahun 2005, album X&Y merupakan salah satu album yang monumental bagi Coldplay. Di album ini terdapat beberapa lagu yang harusnya mendapat pengakuan lebih.

Salah satunya adalah Swallowed in the Sea, yang memiliki penulisan lirik luar biasa. Lahir dari sebuah lamunan, kata-kata yang tertuang bisa menyentuh hati pendengar. 

And I could write a song a hundred miles long, well that’s where I belong and you belong with me

Life in Technicolor ii

Tak perlu pemasaran lagu besar-besaran, lagu Life in Technicolor ii dirilis dengan sederhana. Video musik berkonsep boneka pertunjukan cukup membekas di hati fans.

Lagu ini juga menandai 10 tahun perjalanan Coldplay di industri musik. Ada yang memfavoritkan lagu ini?

Everyhting's Not Lost

Penampilan Coldplay Berhasil Pukau Penggermar di Prancis
Aksi panggung Chris Martin yang melompat saat tampil di The Stade de France Arena di Saint Denis, Paris, Prancis (15/7). (AFP Photo/Geoffroy Van Der Hasselt)
If you ever feel all neglected, if you think that all is lost, I’ll be counting up my demons, hoping everything’s not lost

Kalau kamu tak bisa move on dari kerennya lagu Fix You, lagu yang satu ini bisa jadi alternatif. Lahir terlebih dulu dari album Parachutes (2000), lagu ini punya message yang kurang lebih sama, tapi dengan kemasan berbeda.

Rainy Day

Banyak fans Coldplay yang sepakat, lagu Rainy Day ini punya daya magis tersendiri. Diambil dari album Viva La Vida, musikalitas yang ditawarkan cukup memberi penyegaran. Kalau kamu berharap lagu ini galau mendayu, kamu takkan mendapatkannya.

Penampilan Coldplay Berhasil Pukau Penggermar di Prancis
Penampilan vokalis Coldplay, Chris Martin saat tampil di The Stade de France Arena di Saint Denis, Paris, Prancis (15/7). (AFP Photo/Geoffroy Van Der Hasselt)

Ink

 

Got a tattoo that said "together through life"

Carved in your name with my poker knife

And you wonder when you wake up, will it be alright oh oh

Feels like there's something broken inside

 

Beberapa dari kamu pasti sudah familiar dengan lirik ini. Ya, Ink adalah salah satu lagu underrated yang mungkin luput dari playlist fans baru. Jika penasaran, kalian bisa menemukannya di album Ghost Stories yang rilis 2014 lalu.

Itulah beberapa lagu underrated Coldplay yang mungkin perlu mendapat eksposur lebih. Apakah ada lagu yang harusnya masuk di daftar tadi?

Lanjutkan Membaca ↓