Cara Abdee Slank Hadapi Penyakit Vertigo

Syifa Ismalia06 Mar 2019, 18:24 WIB
Abdee Slank

Fimela.com, Jakarta Usai sembuh dari penyakit gagal ginjal, Abdee Slank diserang vertigo sejak akhir tahun 2018 lalu. Demi mengobati penyakitnya, ia pun melakukan segala cara, salah satunya dengan terapi.

"Sebenernya kalau ginjalnya udah normal, sekarang mah jaga-jaga aja biar jangan sampai sakit aja. Kalau masalah penyakit vertigo, ya ikut terapi aja," tutur Abdee Slank saat ditemui di markas band Slank, Potlot, Duren Tiga, Jakarta, Jumat (1/3/2019).

[Bintang] Abdee Negara
Kisah rumah tangga musisi senior Abdee Negara atau Abdee Slank masih bergulir di Pengadilan Agama. Seperti diketahui, Abdee menggugat cerai sang istri. Pada Senin (26/2/2018) sidang cerai digelar untuk ke delapan kalinya. (dok. Bintang.com)

Untuk terapi sendiri, Abdee memang selalu menjalaninya setiap hari. Menurutnya, ada beberapa gerakan yang harus dilakukan agar vertigonya tak mudah kambuh lagi.

"Terapi fisik, jadi saya kehilangan keseimbangan tubuh, harus terapi kadang vertigonya berat ringan, kalau sekarang lagi ringan. Itu dilakukan setiap hari, terapi sih di rumah saja. Kalau ke rumah sakit paling hanya kontrol setiap bulan," jelasnya.

Mengenai sembuh atau tidaknya, Abdee tak bisa memastikan. Namun, lewat terapi ini dirinya merasa lebih baik. "Setelah terapi sih agak membaik cuman kadang parah kadang ringan, kalau lagi ringan saya bisa main dengan Slank. Kalau lagi parah paling di rumah tetep kalau kerja pun kerja sambil duduk," jelas Abdee Slank.

Jaga Pola Makan

Abdee Slank
Abdee Slank (Karmin Winata/Liputan6.com)

Tak hanya melakukan terapi saja, Abdee juga menjalankan pola makan hidup sehat agar penyakit yang menyerangnya tak terlalu kambuh dan membuatnya semakin menderita.

"Kalau untuk pasien transplan apa aja, kayak ginjal jantung kan antibodinya harus diturunkan agar ginjal barunya gak direject sama tubuh kita antibodynya. Harus diturunkan pakai obat seumur hidup selama antibody turun harus hati-hati jangan sampai kena virus, bakteri makan juga harus dijaga," jelasnya.

"Nggak (sulit) sih cuman harus extra hati-hati aja, normal aja sih sebenernya cuman karena vertigo aja jadi gak bisa beraktivitas karena vertigo kalau lagi ringan ya bisa kayak gini. Cuman sekarang lagi kena flu kemaren abis syuting sama Slank ada yang batuk tiba-tiba saya langsung kena cepet banget," tegasnya.

Lanjutkan Membaca ↓