Mau Tahu Ngerinya Dampak Pelecehan Seksual? Tonton 6 Drama Korea Ini

Puput Puji Lestari08 Mar 2019, 06:45 WIB
Ilustrasi pelecehan seksual (iStock)

Fimela.com, Jakarta Masalah kekerasan terhadap perempuan termasuk pelecehan seksual bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. UN Women, sebagai bagian dari PBB, telah mencatat 1 dari 3 perempuan pernah mengalami kekerasan berbasis gender.

Menurut studi yang dilakukan Korean Institute of Criminology (KIC), hampir 80 persen laki-laki dari Korea Selatan pernah melakukan tindak kekerasan terhadap pasangan mereka.

 

Korban Pelecehan Seksual
Ilustrasi Korban Pelecehan Seksual/copyright unsplash.com/@palon

Dilansir Telegraph, KIC menyurvei 2.000 laki-laki di Korea Selatan. Sebanyak 1.593 orang mengaku menganiaya pasangan mereka baik itu secara fisik, atau psikologis.

37,9 persen dari 1.593 responden, atau 603 laki-laki, mengatakan pelecehan berkencan melibatkan pelecehan seksual, diikuti oleh pelecehan psikologis (36,6 persen), kekerasan fisik (22,4 persen), pelecehan seksual (17,5 persen) dan pelecehan yang membuat cidera (8,7 persen).

 

Begitu banyaknya korban, baik yang berani mengaku maupun yang masih bungkam, kasus kekerasan terhadap perempuan telah menjadi perhatian dunia. Tak heran jika drama Korea juga menyorot ini sebagai salah satu tema utama.

Drama tersebut dibuat agar kesadaran tentang dampak pelecehan seksual sangat mengerikan bisa dipahami lebih banyak orang. Selain itu, drama ini juga menguatkan pada korban pelecehan seksual agar berani bicara dan keluar dari traumanya. Berikut 6 drama Korea bertema pelecehan seksual.

 

2 of 7

1. Witch at Court

Witch at Court
Witch at Court (Soompi.com)

Drama Witch at court bercerita tentang perjuangan jaksa bernama Ma Yi Deum yang dimasukkan dalam devisi khusus yang menangani kasus pelecehan seksual dan perlindungan wanita. Di Unit Perlindungan Wanita, dia bertemu rekan kerja bernama Yeo Jin Wook, mantan psikiater yang kemudian berubah haluan menjadi jaksa, karena ingin membela korban-korban pelecehan seksual.

Keduanya bersama-sama berusaha mengungkap kasus-kasus pelecehan seksual pada wanita dan anak-anak. Ma Yi Deum akhirnya mengetahui ibunya merupakan korban pelecehan seksual. Karena alasan ini lah sang ibu menghilangnya 20 tahun lalu. Drama ini memberikan penggalan kasus-kasus pelecehan seksual dan dampak bagi korbannya.

3 of 7

2. Signal

[Bintang] Signal
Drama Signal. Foto: via asianwiki.com

Mendapat banyak pujian, drama Signal mengangkat cerita mengenai kasus-kasus kriminal dari kisah nyata yang pernah terjadi di Korea Selatan. Beberapa kasus-kasus yang ditampilkan dalam drama tersebut bahkan belum terpecahkan hingga saat ini.

Signal bercerita mengenai seorang polisi dari masa depan bernama Park Hae Young (diperankan aktor Lee Je Hoon). Kehidupan Park Hae Young sebagai polisi awalnya biasa saja, hingga suatu saat ia bisa berkomunikasi dengan Lee Jae Han (diperankan aktor Cho Jin Woong), polisi dari masa lalu yang telah meninggal. Entah bagaimana, dia dan Jae Han memang bisa berkomunikasi menembus ruang dan waktu lewat sebuah walkie-talkie tua.

Berkat kolaborasi keduanya, mereka berhasil memecahkan tindakan kriminal yang belum terselesaikan di masa lalu. Salah satunya kasus pemerkosaan dan pembunuhan secara sporadis yang terjadi selama 5 tahun sekitar periode tahun 1986. Tersangka, memperkosa dan membunuh lebih dari 10 korban. Dan dalam drama ini diceritakan jika kasus ini akhirnya bisa terpecahkan.

Signal memfokuskan cerita pada rasa sakit yang diterima oleh korban pemerkosaan, dan memperlihatkan bagaimana para penyerang pemerkosaan hanya mendapat hukuman yang ringan atas tindakan mereka.

4 of 7

3. Age of Youth

[Bintang] Age of Youth 2
Drama Age of Youth 2 (Via Soompi)

Sebenarnya drama Age of Youth tak langsung mengangkat kisah tentang pelecehan seksual. Drama ini bercerita mengenai lima orang cewek dengan latar belakang berbeda yang tinggal dalam satu rumah kontrakan yang sama. Kelimanya diceritakan memiliki masalah masing-masing, termasuk kasus pelecehan seksual yang dialami Jung Ye Eun.

Jung Ye Eun sering mengalami pelecehan seksual yang dilakukan oleh Go Doo Young, kekasihnya. Bukan hanya secara fisik, ia juga sering mendapatkan pelecehan seksual secara verbal. Bahkan Ye Eun sempat mengalami kejadian disekap, diikat, dan diperlakukan semena-mena oleh kekasihnya tersebut.

Hal ini membuatnya trauma untuk dekat dengan pria yang tidak terlalu dikenalnya. Sehingga, Ye Eun yang awalnya ceria berubah menjadi pribadi yang tertutup karena pelecehan seksual yang dialaminya.

5 of 7

4. Age of Youth 2

[Bintang] Cocok Untuk Menghabiskan Waktu, Ini 8 Drama Korea yang Punya Alur Cerita Ringan
Age of Youth 2 (Foto: soompi.com)

Melanjutkan kisah dari Age of Youth yang pertama, dalam sekuelnya, pelecehan seksual yang dilalukan oleh guru Ji Won menjelaskan kenapa karakter Ji Won tidak pernah memiliki pacar. Trauma yang dirasakannya membuat dia tak nyaman jika dekat dengan lelaki.

Bahkan Ji Won secara tidak sadar menghapus ingatan tentang teman dekatnya yang menjadi korban pelecehan seksual. Menyaksikan drama ini membuat kita lebih berhati-hati ketika bersikap pada lawan jenis.

6 of 7

5. Ms Hammurabi

Go Ara dan L Infinite dalam Miss Hammurabi (Twitter/ @jtbclove)
Go Ara dan L Infinite dalam Miss Hammurabi (Twitter/ @jtbclove)

Drama Ms. Hammurabi bercerita mengenai kehidupan hakim di Pengadilan Negeri Seoul dan mengangkat cerita mengenai isu sosial yang sering terjadi di masyarakat. Di awal episode, drama Korea ini menceritakan Cha Oh Reum dan Ba Reun yang menghadiri persidangan mengenai anak magang wanita yang mengalami pelecehan seksual dari menajernya di tempatnya bekerja.

Meski terbebani, namun semua pegawai yang bekerja di perusahan yang sama memutuskan untuk membela sang manajer di persidangan karena takut di pecat. Keadaan semakin rumit ketika pengacara manajer malah menyalahkan dan minta agar pemagang tersebut dikeluarkan dari perusahaan dan diberi uang kompensasi.

Saat menghadiri persidangan ini Cha Oh Reum mulai marah karena sebagai wanita, ia mereka terhina akan perlakuan pengacara tersebut dan manajernya. Drama ini menggambarkan betapa sulitnya korban pelecehan seksual untuk berani bicara dan melawan. Sialnya, komunitas bahkan tak memberi dukungan sehingga membuat tambah terpuruk.

7 of 7

5. Because This is My First Life

[Bintang] 7 Drama Korea yang Bikin Kamu Baper
Because This is My First Life, drama ini dihiasi dengan ragam percintaan. Semuanya diramu sehingga menjadi kisah yang apik dan sesuai dengan realita kehidupan saat ini. (Foto: Soompi.com)

Kekerasan seksual bisa terjadi di mana saja, termasuk di tempat kerja. Tokoh utama drama This is My First Life, Yoon Ji Ho, hampir diperkosa oleh rekan kerjanya yang dalam keadaan mabuk. Dan, rekan kerjanya meminta bantuan rekan lainnya agar Ji Ho memaafkannya. Bahkan, mereka menganggap tindakan Ji Ho terlalu membesar-besarkan masalah.

Di sisi lain, teman Ji Ho, Woo Soo Ji, sering mengalami pelecehan seksual secara verbal oleh rekan kerjanya yang umumnya laki-laki. Bahkan salah satu kliennya sengaja menyentuhnya, padahal umurnya sudah tua.

Lanjutkan Membaca ↓