Simpan Lagu BTS, Warga Korea Utara Diamankan Polisi

Nizar Zulmi07 Mar 2019, 20:00 WIB
BTS di Karpet Merah Grammy

Fimela.com, Jakarta Menikmati musik K-Pop di era sekarang ini adalah sesuatu yang sudah sangat lumrah. Namun beda lagi bagi warga Korea Utara, bisa-bisa terancam masuk penjara.

Baru-baru ini seorang warga Korea Utara diamankan oleh polisi karena kedapatan menyimpan lagu-lagu BTS dan beberapa drama Korea. Seperti yang diwartakan Allkpop (7/3), tersangka membawa dua buah flashdisk, satu berisi lagu BTS dan satu lagi berisi drama Marry Me Now.

[Bintang] BTS
BTS. (Foto: Twitter/bts_bighit)

Korea Utara dikenal sebagai salah satu negara paling terisolir di dunia dengan sistem pemerintahannya. Meski berbatasan langsung dengan Korea Selatan, peraturan di kedua negara jauh berbeda.

Menurut laporan wawrga tersebut akhirnya ditangkap dan dihukum penjara. Kim Jong Un sebagai supremacy leader memang melarang warganya untuk mengonsumsi hal-hal berbau kapitalisme, dan produk dari Korea Selatan merupakan salah satunya.

Bendera Korea Utara dan Korea Selatan berkibar berdampingan - AFP
Korea Utara dan Korea Selatan jalani hubungan rumit (Foto: AFP)

Persinggungan antara Korea Utara dan Selatan memang masih bertahan dari masa ke masa. Meski begitu, tensi yang terasa di antara kedua negara perlahan mulai mereda, terutama setelah pertemuan Presiden Moon dengan Kim Jong Un April 2018 lalu.

Meski dilarang menyimpan materi lagu atau drama Korea Selatan, sebenarnya Kim Jong Un tidak total memboikot. Seperti ketika Red Velvet tampil di Korea Utara tahun lalu, yang jadi sinyal positif hubungan dua negara tersebut.